Nasihat Ridwan Kamil ke Baim Wong yang Klaim Citayam Fashion Week

Berbagai Sumber
Ridwan Kamil dan Baim Wong
25/7/2022, 15.24 WIB

ZIGI – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil memerintahkan Baim Wong untuk mencabut pendaftaran Citayam Fashion Week ke HAKI. Menurutnya, tidak semua hal yang ada di dunia ini bisa dijadikan komersil.

Seperti yang diketahui, Baim Wong dan influencer Indigo Aditya Nugroho sempat rebutan untuk mendaftarkan merek Citayam Fashion Week ke Dirjen Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Klarifikasi Baim Wong Dikritik Daftarkan Citayam Fashion Week ke HAKI

Ridwan Kamil Minta Baim Wong Cabut Pendaftaran HAKI Citayam Fashion Week

Setelah ramai perusahaan milik Baim Wong, PT Tiger Wong Entertainment mendaftarkan HAKI (Hak Kekayaan Intelektual) Citayam Fashion Week, Ridwan Kamil melalui Instagramnya meminta sang aktor untuk tidak ikut campur. 

Nasihat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula,” tulis Ridwan Kamil dikutip Zigi.id dari Instagram @ridwankamil pada Senin, 25 Juli 2022.

Dia juga menuturkan jika fenomena Citayam Fashion Week akan hilang tujuan awalnya jika sudah dikomersialkan oleh oknum-oknum di luar komunitas tersebut.

Sekalinya diformalkan dan dimewahkan apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda,” imbuhnya.

Ridwan Kamil menegaskan kepada Baim Wong dan istrinya, Paula Verhoeven untuk mencabut pendaftaran merek Citayam Fashionn Week di PDKI Kemenkumham.

Kegiatan Harus Dilakukan Komunitas Citayam Fashion Week

Ayah mendiang Emmeril Kahn Mumtadz ini memohon kepada Baim Wong agar tidak merubah kegiatan Citayam Fashion Week menjadi kegiatan yang sifatnya formal. Ia juga tidak setuju fenomena itu dipindahkan ke Sarinah seperti yang sudah disebutkan melalui media sosialnya beberapa waktu lalu.

Biarkan ini jadi cerita bahwa fashion jalanan adanya di jalanan. Bukan di Sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional,” ujar Ridwan Kamil.

Gubernur Jawa Barat ini melanjutkan bahwa anak-anak yang berada di Dukuh Atas, Sudirman hanya butuh wadah untuk berekspresi mengingat kurangnya ruang publik di Indonesia khususnya Jakarta. Ridwan Kamil meminta agar kegiatan Citayam Fashion Week diserahkan seutuhnya pada komunitas jalanan yang ada di Sudirman.

Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan Anda (Baim Wong). Anda dan istri sudah hebat punya kerja-kerja luar biasa. Lanjutkan! Tapi bukan untuk inisiaif yang ini,” lanjutnya.

Menanggapi pemberitahuan terbuka oleh Ridwan Kamil terhadap Baim Wong terkait pendaftaran HAKI merek Citayam Fashion Week, salah seorang dari komunitas yang disebutnya Komunitas Slebew kecewa dengan adanya kabar tersebut.

Kami komunitas Slebew @mhmdriomaulana @nriansyah4 ngerasa dirugikan pak karena kami bela-belain dari Citayam ga mandi, ga gosok gigi karena itulah ciri khas kami. Tolong jangan dirubah. Slebew,” tulis komentar akun @anchahaidir.

Baim Wong diketahui telah mendaftarkan HAKI merek Citayam Fashion Week ke PDKI Kemenkumham sejak 20 Juli dan dilindungi pada 21 Juli. Usai mendapatkan banyak kritikan, Baim Wong memberikan penjelasan terkait alasannya mendaftarkan Citayam Fashion Week melalui Instagramnya.

Baca Juga: 4 Artis Kritik Baim Wong Soal Citayam Fashion Week, Ernest: Serakah!