8 Cara Jadi Kreator CapCut Agar Hasilkan Uang

Unsplash
Ilustrasi CapCut
21/1/2023, 18.16 WIB

ZIGI – Saat ini banyak cara untuk menghasilkan uang, salah satunya menjadi kreator CapCut. Aplikasi CapCut merupakan editing video yang menawarkan berbagai template. Nah, template ini juga sering bermunculan di TikTok hingga viral.

CapCut sendiri merupakan salah satu aplikasi buatan ByteDance yakni perusahaan induk dari TikTok. Wajar saja jika aplikasi CapCut memberikan tawaran dukungan untuk ditautkan ke TikTok. Berikut cara untuk jadi kreator CapCut. Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: Syarat dan Cara Daftar TikTok Affiliate untuk Penjual hingga Kreator

1. Apa Itu Aplikasi CapCut?

CapCut awalnya bernama Jianying di mana aplikasi pengeditan video ini dikembangkan oleh perusahaan induk TikTok, ByteDance. Jianying pertama kali dirilis pada April 2020 dan masih dipromosikan untuk pasar di China.

Akhirnya aplikasi Jianying diubah ByteDance pada Desember 2020 menjadi CapCut. Masih sama dengan saat bernama Jianying, aplikasi pengeditan ini memberikan penawaran stiker, soundtrack, dan efek khusus.

Pada 21 Mei 2021, aplikasi CapCut menjadi aplikasi gratis No.1 di App Store Amerika Serikat. Sebab kesuksesan aplikasi ini, ByteDance akhirnya merilis CapCut untuk versi desktop Windows dan MacOS pada Agustus 2022.

2. Honor Jadi Kreator CapCut

 

Honor menjadi seorang kreator template CapCut ternyata bergantung pada tingkatan level yang kita capai. Pihak ByteDance biasanya akan membayar honor bagi kreator CapCut setiap minggu. Biasanya, kreator template CapCut yang mendapatkan honor sudah mencapai level 2 hingga 6.

Level paling rendah untuk menerima honor sebagai kreator template CapCut adalah di level 2. Untuk mencapai level ini maka pencipta harus mengungah satu video dan sudah diekspor sebanyak 1.000 kali.  Apabila sudah mencapai angka ini, kreator akan mendapatkan reward senilai US$ 2 ribu atau sekitar Rp30,1 juta.

Sementara untuk level 3 ke atas akan menerima honor US$ 6 ribu atau lebih tergantung dari level yang dicapainya. Bagi video template-nya viral dan sudah diekspor mencapai 100 ribu kali maka akan mendapatkan bonus senilai US$ 20 (Rp300 ribu) dan apabila diekspor sebanyak 400 ribu, kreator akan mendapatkan bonus US$ 200 (Rp 3 juta).

3. Cara Jadi Kreator CapCut

Untuk menjadi kreator CapCut maka pengguna wajib untuk mengunggah aplikasinya di Play Store atau App Store. Jika sudah diinstal, berikut langkah-langkah jadi creator CapCut:

  1. Masuk ke aplikasi CapCut
  2. Di bagian atas akan muncul sejumlah banner dan klik banner yang bertuliskan Menjadi Bintang Agency.
  3. Pada halaman CapCut ID Agency Banner akan muncul sejumlah nama-nama agensi kemudian klik salah satu agensi dengan gambar ikon orang.
  4. Selanjutnya, pengguna CapCut akan diarahkan ke grup Telegram agensi tersebut. Bagi yang belum punya Telegram maka wajib untuk menginstalnya karena langkah ini diarahkan ke Telegram.
  5. Pada menu pop-up akan muncul grup agensi kemudian klik kolom Gabung Grup pada Telegram 
  6. Dalam grup itu akan muncul beberapa aturan termasuk link untuk mendaftar. Sebaiknya baca terlebih dahulu secara seksama kemudian daftar melalui link form pendaftaran kreator yang sudah disediakan dalam grup Telegram.
  7. Setelah itu akan diminta untuk mengisi data seperti ID Telegram, ID Capcut, Nama Lengkap, Instagram, dan nomor WhatsApp.
  8. Setelah menyelesaikan isi data di form pendaftaran kemudian klik tombol Kirim.

Setelah mengirimkan data di atas, pihak agensi akan menganalisa serta meninjau data kamu, apakah layak jadi kreator CapCut. Pihak agensi biasanya akan menyeleksi kreator CapCut selama satu hingga dua minggu.

Nah, di atas penjelasan dan langkah-langkah untuk menjadi kreator template CapCut. Setelah berhasil menjadi kreator CapCut tingkatkan level kamu untuk mendapatkan honor yang lebih tinggi.

Baca Juga: Syarat Live TikTok dan Cara Tukar Gift Koin Jadi Uang