7 Artis Korea Lahir dari Keluarga Miskin, Kisah Rain Bikin Nangis

Berbagai Sumber
Rain - Park Bo Gum
4/5/2021, 12.18 WIB

ZIGI – Rain, IU sampai Park Bo Gum merupakan aktor dan aktris ternama di Korea. Ketiganya terbilang sebagai bintang kaya raya karena kesuksesan yang telah mereka raih. Tapi siapa sangka, mereka sempat mengalami hidup susah karena lahir dari keluarga miskin.

Mereka bahkan sampai kesulitan untuk mendapatkan makanan. Tapi berkat kerja kerasnya, kini kehidupan mereka berubah drastis. Selain ketiganya, masih ada sejumlah artis yang juga berasal dari keluarga miskin tapi berhasil merubah kehidupannya. Siapa saja mereka? Yuk disimak.

IU

Kehidupan IU tiba-tiba berubah saat orangtuanya bermasalah dengan utang. Dia akhirnya dipisahkan dari orangtuanya dan dibesarkan oleh neneknya di satu kamar yang terdapat banyak kecoa. Saat musim dingin, IU dan neneknya juga harus menahan hawa dingin karena tidak mampu menyalakan pemanas.

Sampai akhirnya, dia pindah ke rumah kerabatnya tapi di sana dia malah dihina karena bertekad ingin menjadi penyanyi. IU yang mendengar penghinaan itu justru semakin semangat untuk menggapai impiannya. Tapi usahanya tidak berjalan mulus. Aktris yang juga penyanyi bernama asli Lee Ji Eun itu berulang kali gagal dalam audisi.

Dia bahkan sempat ditipu, di mana saat itu dia mendapat tawaran untuk bisa tampil di televisi jika membayar sejumlah. Sang nenek pun merelakan hartanya dengan menjual perhiasan miliknya dengan harapan bisa melihat cucunya di televisi, tapi ternyata itu hanya penipuan.

Tapi sekarang, IU sudah menjadi artis besar. Dia bahkan sudah membelikan ayahnya mobil impian seharga $ 130.000 USD atau sekitar Rp1,8 miliar (kurs Rp14.484). IU kini juga memiliki sejumlah properti mewah yang totalnya mencapai puluhan miliar rupiah. Tidak hanya itu saja, IU juga dikenal sebagai salah satu artis Korea yang aktif berdonasi. 

Park Bo Gum

Kisah Park Bo Gum juga tidak kalah mengharukan. Aktor 27 tahun itu sudah kehilangan ibunya yang meninggal dunia saat dia masih kelas 4 SD. Park Bo Gum sempat mengajukan pailit atau bangkrut di usia 22 tahun setelah ayahnya meminjam sekitar $ 280.000 USD pada tahun 2008 dan mendaftarkan nama Park Bo Gum sebagai penjaminnya. 

Saat mulai menghasilkan uang, dia justru dituntut untuk membayar kembali utangnya yang telah bertambah menjadi $ 750.000 USD atau sekitar Rp10,86 miliar (kurs Rp14.484). Akhirnya, Park Bo Gum kembali mengajukan pailit di tahun 2014 lalu. Tapi kini, masalah tersebut sudah selesai dengan negosiasi. Hidup Park Bo Gum pun membaik dan kini dia memiliki aset miliyaran rupiah.

Lee Hyori

Dahulu, Lee Hyori beserta 5 anggota keluarganya tinggal di tempat pangkas rambut kecil yang bahkan tidak memiliki kamar mandi. Saat itu, kehidupannya sangat sulit. Member Fin.K.L ini tidak pernah memiliki kesempatan untuk memakai baju baru. Dia pun harus mematuhi peraturan ketat dari ayahnya seperti tidak memilih-milih makanan.

Lee Hyori tidak menyukai segala hal terkait hidupnya karena peraturan ketat ayahnya itu. Dia lantas bertekad untuk membeli rumah untuk keluarganya. Kini sejak menikah dengan suaminya, Lee Sang Soon, Lee Hyori menunjukkan kehidupan rumah tangga yang penuh kasih dan bahagia. Mereka bahkan pernah memiliki acara sendiri yakni Hyori's Homestay.

Nam Joo Hyuk

Siapa yang tidak kenal Nam Joo Hyuk? Namanya semakin berada di puncak popularitas setelah membintangi drama Start-Up bersama Suzy dan Kim Seon Ho. Di balik kesuksesannya sekarang, Nam Joo Hyuk juga pernah menangis karena kesulitan keuangan yang dialaminya. Saat duduk di kelas 3 SD, keluarga Nam Joo Hyuk mengalami masa-masa yang sangat sulit.

Hal ini bahkan membuatnya hanya memakan mie kemasan selama satu tahun. Dia juga sempat tinggal di rumah yang tidak memiliki kamar mandi. Tapi keadaan itu seketika berubah sejak dia membintangi drama School 2015. Nam Joo Hyuk mengatakan kini dia bisa merawat orangtuanya. Dia juga bisa memberikan sumbangan ke sekolah lamanya.

Seo In Guk

Seo In Guk juga berasal dari keluarga miskin. Lahir dalam kondisi ekonomi yang pas-pasan membuatnya sempat kesulitan untuk makanan. Ayah Seo In Guk hanya bekerja sebagai seorang tukang las yang bayarannya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Oleh karenanya, ibu Seo In Guk ikut bekerja dengan mengambil kotak atau barang bekas agar mereka bisa mendapatkan uang tambahan untuk makan. Saat usianya menginjak 10 tahun, Seo In Guk pun menyadari bakatnya sebagai penyanyi. Dia pun mulai mengikuti banyak lomba.

Sekarang, aktor yang memulai kariernya lewat ajang pencarian bakat pada tahun 2009 ini terkenal sebagai salah satu aktor dengan bayaran tinggi. Meski begitu, dia tidak pernah malu untuk mengenang masa lalunya yang penuh dengan kerja keras.

Park Shin Hye

Orangtua Park Shin Hye rela meninggalkan segala hartanya di Gwangju saat sang anak memutusan untuk pergi ke Seoul demi mengejar impiannya sebagai seorang aktris. Mereka ingin selalu berada di samping Park Shin Hye sebagai bentuk dukungan. Meskipun keluarga Park Shin Hye menghadapi kesulitan keuangan, mereka tetap ingin berada di sana untuk putri mereka.

Kepindahan itu ternyata membuat kondisi ekonomi keluarga Park Shin Hye pas-pasan. Terlebih biaya hidup di Seoul yang lebih tinggi, memaksa mereka untuk berhemat. Namun sekarang, seluruh kerja kerasnya terbayar. Park Shin Hye menjadi salah satu aktris termahal dengan bayaran sekitar Rp247,7 juta per episodenya.

Rain

Sejak duduk di sekolah menengah, Rain sudah bekerja di lokasi konstruksi. Pagi hari dia akan bekerja untuk membantu membayar biaya obat ibunya yang sakit. Tapi karena Rain tidak bisa membeli obat tepat waktu, ibunya meninggal dunia. Setelah kepergian ibunya, Rain pulang ke rumah dan hatinya hancur saat menemukan surat dan buku bank yang ditinggalkan ibunya.

Ternyata, ibu Rain sudah mengetahui bahwa dia akan segera meninggal. Ibunya sudah lama menahan sakitnya tanpa rutin meminum obat untuk menabung. Sedihnya, uang tabungan itu sengaja ditinggalkannya untuk Rain yang akan tinggal sendiri setelah kepergiannya. Sejak saat itu, Rain membuktikan dirinya bisa sukses sebagai aktor dan juga penyanyi. 

Sampai saat ini, dia telah berhasil mengumpulkan aset yang diperkirakan bernilai lebih dari $ 40 juta USD atau sekitar Rp579,5 miliar (kurs Rp14.484). Selain itu, Rain sekarang juga tinggal bersama istri yang cantik, Kim Tae Hee dan dua putrinya.