Alasan Mnet Pakai Remix Adzan di Street Woman Fighter

Mnet
Street Woman Fighter
Penulis: Maria Margaretha
9/9/2021, 11.06 WIB

ZIGI – Suara adzan versi remix terdengar dalam video pembuka Street Woman Fighter yang tayang sejak 24 Agustus 2021. Setelah penggemar melakukan aksi protest dengan menaikan tagar #MnetApologize, Mnet akhirnya meminta maaf pada Rabu, 8 September 2021. 

Dalam keterangan resminya, Mnet menjelaskan kronologi bisa menggunakan lagu yang diduga berjudul Azan milik band Losers tersebut. Yuk simak berita selengkapnya!

Baca juga: Mnet Dituding Pakai Suara Adzan di Lagu Pembuka Street Woman Fight

Lagu Terdaftar Secara Resmi

Penayangan Street Woman Fighter sejak 24 Agustus 2021 berhasil mencuri perhatian. Namun setelah tiga minggu tayang, acara survival dance show ini menuai protes karena penonton menyadari ada suara adzan yang di-remix dalam video pembuka.

Mnet meminta maaf atas kejadian ini dan membeberkan bahwa lagu yang digunakan terdaftar secara resmi dalam sebuah situs streaming.

Seluruh tim produksi Mnet Street Woman Fighter meminta maaf dengan tulus karena soundtrack yang digunakan dalam pembuka episode pertama. Tim produksi mengira bahwa suara elektronik dalam lagu sesuai dengan latar musik program. Kami tidak bermaksud lain,” ujar Mnet di Instagram @mnet_dance.

Baca juga: Profil dan Biodata Noze WAYB, Penari Kai EXO Ikut Street Woman Fighter

Video Street Woman Fighter akan di Upload Ulang

Mnet tidak bermaksud menyinggung umat muslim dengan menggunakan suara Adzan dalam video pembuka Street Woman Fighter. Tim memutuskan akan mengganti musik yang menjadi permasalahan.

Kami secara tulus meminta maaf atas ketidaknyamanan yang tidak disengaja ini sehingga menyinggung ritme tertentu. Kami menghargai kritikan anda, video akan di-upload ulang setelah musik diganti. Mnet akan selalu mendengarkan opini penonton dari seluruh dunia. Terima kasih sudah menyaksikan Street Woman Fighter,” tuturnya.

Mnet Terkenal dengan Evil Editing

Bukan rahasia lagi di kalangan penggemar dan idol bahwa Mnet memiliki kebiasaan buruk yang sering menimbulkan kontroversi. Yang paling terkenal adalah julukan ‘Evil Editing’, yakni teknik pemotongan gambar yang menyebabkan seseorang terlihat buruk untuk mendongkrak rating.

Lee Chaeyeon, mantan anggota idol IZ*ONE yang mengikuti program Street Women Fighter diduga menjadi korban evil editing Mnet. Dalam episode 2, Lee Chaeyeon terlihat menari dengan sangat buruk dibandingkan kontestan lain yang memang berasal dari tim tari profesional. 

Street Women Fighter merupakan program kompetisi menari yang diikuti 8 tim dance wanita yang populer di Korea Selatan, yakni YGX, WANT, PROWDMON, Holybang, LACHICA, CocoNButter serta HOOK. Dua artis SM Entertainment yakni Taeyong NCT dan BoA menjadi juri dalam program yang tayang setiap hari Selasa pukul 22.20 KST.