ZIGI – Blackpink resmi diangkat menjadi duta Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang diusung oleh PBB. Dengan ini, Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa menjadi artis Asia pertama yang berhasil mendapatkan gelar demikian.

Pada Sabtu 18 September 2021, United Nations atau PBB menyambut Blackpink sebagai duta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan terbaru mereka. Sebelumnya, artis asuhan YG Entertainment ini pernah ditunjuk sebagai duta untuk Konferensi Perubahan Iklim PBB. Yuk simak fakta-fakta partisipasi Blackpink dalam kegiatan PBB lewat artikel di  bawah ini!

Baca Juga: Perbedaan Gaya Fashion CL dan Rose Blackpink di Met Gala 2021

1. Blackpink Ditunjuk Jadi Duta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)

YG Entertainment mengumumkan bahwa Blackpink telah menjadi artis Asia pertama yang terpilih sebagai duta atau pendukung gerakan Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan untuk PBB.

Setelah ditunjuk sebagai duta oleh Antonio Guterres selaku Sekretaris Jenderal PBB, diharapkan Blackpink bisa memberikan dampak lebih besar untuk dunia. Sebelumnya, keempat member pernah berpartisipasi dalam Konferensi Perubahan Iklim PBB bulan Februari 2021 lalu.

Selamat datang #BLACKPINK di keluarga PBB! Mereka telah terlibat dengan @COP26 untuk mendorong kaum muda mengambil #ClimateAction untuk melindungi planet ini dan hari ini ditunjuk oleh Sekretaris Jenderal @antonioguterres sebagai pendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan baru kami #SDG,” ungkap PBB melalui akun Twitter resmi.

2. Apa Itu Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan?

Lantas kampanye yang akan dipromosikan oleh Blackpink bernama Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Itu merupakan cetak biru dari 17 tujuan luas yang bertujuan untuk mencapai masa depan yang lebih. Semua tujuan tersebut diharapkan bisa terwujud pada tahun 2030 mendatang. Blackpink akan membantu PBB untuk mengatasi berbagai tantangan global termasuk kemiskinan, ketidaksetaraan, perubahan iklim, degradasi lingkungan, menegakkan perdamaian, dan keadilan.

Sebagai pendukung baru SDGs PBB, Blackpink juga siap menyebarkan pengaruh mereka demi meningkatkan kesadaran  masyarakat tentang 17 tujuan dan seberapa penting untuk mencapainya.

3. Blackpink Jadi Artis Asia Pertama Ditunjuk Jadi Duta SDGs oleh PBB

Dengan ini, Blackpink juga dinobatkan sebagai artis Asia pertama yang pernah ditunjuk sebagai Duta untuk SDGs oleh PBB. 

Memiliki tujuan global demi mensejahterakan komunitas, Blackpink siap membantu mewujudkan 17 tujuan utama SDGs yang jika berhasil, akan digunakan sebagai standar global untuk pengelolaan berkelanjutan (ESGs).

 

4. Kata Blackpink Soal Diangkat Jadi Duta SDGs oleh PBB

Blackpink bisa diangkat menjadi duta SDGs setelah proses yang sangat selektif. Keempat member menerima surat langsung dari Antonio Guterres selaku Sekretaris Jenderal PBB. Dalam sebuah kesempatan, sang pelantun Lovesick Girls ini menyampaikan perasaan mereka usai ditunjuk menjadi duta.

"Merupakan suatu kehormatan untuk berpartisipasi dalam menciptakan jalan menuju dunia yang lebih baik. Bersama dengan BLINK (sebutan nama fandom untuk Blackpink), kami ingin mempromosikan pentingnya SDGs ke seluruh dunia dan berkontribusi untuk memecahkan masalah yang kita hadapi saat ini,” kata Blackpink, dikutip dari Koreaboo pada Sabtu, 18 September 2021.

5. Partisipasi Blackpink untuk PBB Sejak Tahun 2020

Partisipasi Blackpink untuk PBB dimulai sejak tahun 2020. Kala itu, keempat artis asuhan YG Entertainment ini menggunakan pengaruh mereka untuk mengingatkan masyarakat tentang dampak nyata dari krisis iklim yang semakin mengkhawatirkan

Blackpink sempat membagikan pemikiran mereka tentang masalah perubahan iklim di Bumi dalam video yang diunggah ke channel YouTube resmi PBB pada 9 Desember 2020 lalu. Dalam video itu, Rose mengatakan bahwa dia ingin belajar lebih banyak mengenai isu ini.

Lalu Jennie menjelaskan satu per satu akibat yang harus dirasakan manusia akibat perubahan iklim mulai dari cuaca yang semakin ekstrim, kekeringan, hingga banjir. Blackpink juga menekankan alasan mengapa habitat alam sangat penting untuk planet ini dan mendorong penggemar membuat sebuah perbedaan. 

Pada Kamis, 25 Februari 2021, Blackpink menghadiri upacara pengangkatan resmi sebagai duta Konferensi Perubahan Iklim PBB di kediaman Duta Besar Inggris di Seoul, Korea Selatan. Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa menerima surat pribadi yang ditulis langsung oleh Boris Johnson selaku Perdana Menteri Inggris.

Dalam suratnya, Boris Johnson mengucapkan terima kasih kepada Blackpink atas keberhasilan video kampanye untuk meningkatkan kesadaran terhadap perubahan iklim yang dirilis bulan Desember 2020 lalu yang sudah ditonton lebih dari 10 juta kali.

Degan keterlibatan Blackpink di PBB, diharapkan dapat menggerakan hati banyak orang untuk lebih peduli dengan isu-isu sosial juga perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan. Terbaru, Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa resmi ditunjuk sebagai duta Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan oleh PBB.

Baca Juga: 5 Masa Sulit Lisa Blackpink Sebelum Debut, Dituduh Oplas & Direndahkan