Pro Kontra Rose Blackpink Dukung YGX di Street Woman Fighter

Berbagai Sumber
Rose Blackpink dan YGX
Penulis: Yasmin Karnita
13/10/2021, 09.53 WIB

ZIGI – Street Woman Fighter menjadi tontonan yang begitu mendapat banyak perhatian, tidak hanya di Korea Selatan tapi juga secara internasional. Hanya saja, acara kompetisi dance besutan Mnet tersebut kerap menuai kritikan dan kini menyeret Rose Blackpink. 

Usai penayangan Street Woman Fighter episode 7 tadi malam, Selasa, 12 Oktober 2021, netizen Korea menilai bahwa kriteria penilaian penayangan video atau jumlah viewers di YouTube demi menentukan pemenang dalam suatu misi lebih baik dihapus. 

Pasalnya, netizen menyoroti hal tersebut bisa menjadi keuntungan tertentu bagi kontestan Street Woman Fighter yang memiliki koneksi dengan artis terkenal, contohnya Rose Blackpink. Berikut berita selengkapnya.

Baca Juga: Link Nonton Streaming Street Woman Fighter Episode 7 Sub Indo

Netizen Korea Minta Street Woman Fighter Hapus Kriteria Penilaian dari Jumlah Viewers YouTube

Program Mnet Street Woman Fighter, kini menjadi tontonan kecintaan banyak orang karena menyuguhkan format survival berbeda. Di mana 8 kru dance wanita profesional dan paling terkenal di Korea Selatan diadu untuk memperebutkan kemenangan juara pertama.

Sama seperti acara survival pada umumnya, para kontestan melakukan berbagai misi, dan mereka yang mendapat skor terendah dari hasil voting juri serta penonton global akan tereliminasi. 

Memasuki episode ke-7, komunitas online mulai diramaikan dengan kritikan netizen Korea terhadap kriteria penilaian dalam setiap misi di Street Woman Fighter. Selain skor yang diberikan juri serta voting penonton global, penayangan video penampilan kontestan yang diunggah di channel YouTube resmi Mnet juga menjadi penentu.

Lantas netizen menyayangkan jika kontestan Street Woman Fighter yang memiliki koneksi dengan artis terkenal, bisa membantu untuk mempromosikan video penampilan mereka di media sosial. Dengan ini, kontestan tersebut disebut praktis mendapatkan keuntungan.

Rose Blackpink Tunjukkan Dukungan untuk YGX

Selain itu, netizen Korea juga menyoroti dukungan yang Rose Blackpink berikan kepada salah satu kontestan Street Woman Fighter, YGX. Seperti diketahui, kru dance tersebut memang sering bekerja sama dengan artis-artis asuhan YG Entertainment mencakup Blackpink.

Sejak penayangan perdana Street Woman Fighter, Rose Blackpink sudah beberapa kali memposting dukungan terhadap YGX khususnya untuk sang leader, Lee Jung, melalui Instagram Story akun pribadinya @roses_are_rosie.

Beberapa bentuk dukungan Rose Blackpink termasuk mengunggah ulang postingan Lee Jung saat tampil di Street Woman Fighter. Tak lupa dengan membubuhkan kata-kata penyemangat untuk YGX.

Namun pada Selasa, 12 Oktober 2021 bertepatan dengan penayangan Street Woman Fighter episode 7, Rose Blackpink kembali mengunggah video penampilan YGX untuk misi Man of Woman.

Berbeda dari sebelumnya di mana Rose hanya menyematkan kata-kata dukungan, dalam postingan terbaru dia meminta para penggemar untuk menonton video penampilan YGX. Bahkan, sang pelantun On The Ground itu memberikan link video penampilan YGX di YouTube.

Komentar Netizen Korea Terkait Koneksi YGX dengan Rose Blackpink

Hal yang membuat netizen Korea kurang nyaman dengan kedekatan YGX dengan Rose Blackpink adalah karena semerta-merta dapat membantu mereka mendapat lebih banyak jumlah viewers di YouTube ketika sang idol memposting video di Instagam. Apalagi, akun Instagram Rose Blackpink sudah memiliki lebih dari 48 juta followers.

Namun, ada beberapa netizen yang menyebutkan bahwa postingan Rose Blackpink mempromosikan YGX tidak terlalu berpengaruh dengan skor kru dance tersebut di Street Woman Fighter.

Aku merasa selebriti memposting tentang kru dance pasti akan mempengaruhi hasil,” ungkap seorang netizen di komunitas online.

Sampai sekarang, dia (Rose Blackpink) baru saja mengunggah screenshot dari penampilan mereka (YGX). Tapi kali ini, dia bahkan meminta orang-orang untuk menyukai videonya, jadi aku pikir setidaknya akan sedikit mempengaruhi poin,” tulis seorang netizen.

Aku mendengar bahwa orang di luar negeri tidak bisa ikut voting, jadi apakah itu benar? Kemudian aku tidak berpikir bahwa ini adalah masalah besar. Dia (Rose Blackpink) memiliki lebih dari 48 juta pengikut di Instagram tetapi bukankah kebanyakan dari mereka adalah orang asing?,” timpal netizen lain.

Jika semua followers Instagram Rose mengklik video YouTube itu, video akan memiliki banyak viewers,” sahut seorang netizen.

Jadi Rose tidak boleh ikut mendukung mereka karena dia populer? Kalian suka sekali membuat keributan,” tulis netizen lain.

Meski demikian, postingan Instagram Story yang diunggah Rose Blackpink untuk mempromosikan YGX tidak terlalu mempengaruhi skor YGX di misi Man of Woman. Dalam Street Woman Fighter episode 7, YGX menempati posisi ke-6 atau terakhir di hasil voting sementara. 

Hasil akhir dari misi tersebut akan diumumkan dalam Street Woman Fighter episode 8 yang tayang pekan depan, Selasa, 19 Oktober 2021. Sementara itu, netizen Korea mulai mempermasalahkan soal kriteria penilaian untuk jumlah penayangan viewers di YoTube yang bisa membawa keuntungan untuk kru dance yang memiliki koneksi dengan artis terkenal. Rose Blackpink ikut terseret.

Baca Juga: Segini Hadiah Pemenang Street Woman Fighter yang Diberikan Mnet