Ramai Boikot, Lee Jung Jae Ogah Hadiri Golden Globe 2022

Artist Company
Lee Jung Jae
Penulis: Maria Margaretha
5/1/2022, 12.24 WIB

ZIGI – Lee Jung Jae masuk dalam nominasi Golden Globe Awards 2022 kategori Best Performance by an Actor in a Television Series – Drama berkat perannya di Squid Game.

Namun pemeran Seong Gi Hun ini tidak akan datang ke Golden Globe 2022 meski pertama kali masuk dalam nominasi.

Salah satu alasan karena gerakan boikot yang dilakukan berbagai rumah produksi atas isu keberagaman ras Golden Globe 2022. Yuk simak alasan lengkapnya!

Lee Jung Jae Tidak Hadir di Golden Globe 2022

Agensi Lee Jung jae, Artist Company mengkonfirmasi ketidakhadiran sang aktor di ajang Golden Globe 2022 yang akan digelar 9 Januari 2022 di Amerika Serikat.

“Lee Jung Jae sangat bersyukur atas nominasi aktor terbaik di Golden Globe 2022 tapi memutuskan tidak hadir di ajang penghargaan,” ungkap agensi pada Rabu, 5 Januari 2022 dilansir dari Soompi.

Masih dalam keterangan resmi agensi, Lee Jung Jae menyadari Netflix telah menarik diri dari Golden Globe. Meningkatnya kasus Covid-19 juga menjadi faktor pertimbangan.

“Dia mengetahui Netflix tidak akan berpartisipasi di Golden Globe, sebagaimana telah diberitakan di seluruh dunia. Lee Jung Jae juga memikirkan situasi Covid-19 dan peraturan karantina,” lanjut agensi.

Diketahui, pemerintah Korea Selatan telah menetapkan aturan wajib karantina 10 hari bagi warga yang datang dari luar negeri. Hal ini juga sudah dilakukan oleh BTS.

Boikot Golden Globe Awards 2022

Golden Globe Awards ke-79 yang digelar 9 Januari 2022 tidak akan disiarkan di stasiun televisi NBC seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Ajang penghargaan industri film Amerika Serikat ini diadakan oleh Hollywood Foreign Press Association (HFPA). Berbagai organisasi media melakukan boikot terhadap HFPA karena dinilai sebagai lembaga korup dan tidak menjunjung keanekaragaman budaya hingga ras.

HFPA terdiri dari jurnalis film dari berbagai negara yang memilih nominasi Golden Globe Awards. Namun, dari 100 anggota tidak ada yang berkulit hitam. Hal tersebut akhirnya berdampak pada Golden Globes 2022.

Dilansir dari Variety, anggota HFPA juga melakukan hal yang tidak profesional seperti menerima hadiah yang mempengaruhi penilaian pemenang Golden Globes.

Meski sudah dilakukan perombakan dalam badan pengurus HFPA, berbagai rumah produksi terlanjur menarik diri dari acara. Termasuk Netflix, Amazon, dan Warner Media. 

Selama ini Golden Globes dianggap sebagai tolak ukur sebuah karya film untuk masuk ke Oscars. Selain Lee Jung Jae, aktor O Yeong Su juga masuk nominasi Best Supporting Actor – Television Series. Serial Squid Game sendiri masuk nominasi Best Television Series.

Baca juga: HFPA Tuai Kontroversi, Ini Daftar Nominasi Golden Globes 2022