Fansite Yoo Jae Suk di China Mundur Usai Berikan Dukungan Atlet Korea

@sbs_runningman_sbs/Instagram
Yoo Jae Suk
22/2/2022, 09.10 WIB

ZIGI – Salah satu selebriti Korea lain yang menjadi sasaran kritik oleh netizen China adalah Yoo Jae Suk. Pasalnya, komedian ini menunjukkan dukungannya terhadap atlet Korea yakni Hwang Dae Heon.

Sebelumnya, banyak netizen China yang menyerukan boikot terhadap beberapa artis Korea di antaranya adalah RM BTS usai mendukung atlet skater Korea di ajang Beijing Winter Olympic 2022. Yuk simak artkelnya di bawah ini!

Baca Juga: RM BTS Diserang Haters Usai Beri Dukungan untuk Atlet Korea

Fansite China Yoo Jae Suk Mundur

Pada pertandingan skater yang dimainkan oleh Hwang Dae Heon banyak artis Korea yang mendukung termasuk Yoo Jae Suk.

Dalam acara How Do You Play,  MC Nasional tersebut sempat menunjukkan kemarahannya atas keputusan yang tidak dibenarkan untuk menghukum atlet skater Hwang Dae Heon.

Seperti yang diketahui, Hwang Deo Heon bertanding pada 7 Februari 2022 memperebutkan tiga besar di semifinal. Namun, atlet skating jarak pendek 1000 meter tersebut justru gagal masuk final karena diduga melakukan kecurangan sehingga didiskualifikasi.

Atas reaksi Yoo Jae Suk tersebut justru memicu kemarahan netizen China. Saat ini, sebuah fansite Yoo Jae Suk di China, Yooniverse mengumumkan bahwa fansite tersebut sudah tidak lagi mendukung idolanya tersebut.

“Visi kita berbeda, jadi kita tidak bisa berjalan di jalan yang sama lagi,” tulis fansite tersebut seperti dilansir dari Kbizoom pada Selasa, 22 Februari 2022.

Fansite juga menyebutkan bahwa mereka cukup sulit untuk melakukan hal tersebut namun sudah menjadi keputusan dan berharap penggemar lainnya mau menerima keputusan ini.

“Momen yang paling sulit bagiku adalah kalian. Aku tidak tahu seberapa nyamannya kalian. Kamu tidak harus mengabaikan kesenangan di masa lalu maupun kesalahan dirimu untuk saat ini. Terimalah dan lanjutkan, aku harap kalian menikmati hidup kalian di masa mendatang,” lanjut fansite tersebut.

Fansite Yooniverse merupakan fansite terbersar Yoo Jae Suk di China dan sudah mengumpulkan 514 ribu followers.

Artis Korea yang Diboikot Netizen China

Awal tahun 2022, banyak artis Korea yang diboikot oleh netizen China karena berbagai macam alasan. Di antaranya adalah dukungan terhadap atlet Korea dalam ajang Beijing Winter Olympic 2022, penggunaan busana tradisional, Hanbok dan masih banyak lagi.

Salah satu artis adalah Park Shin Hye yang kala itu mengunggah foto dirinya yang sedang memakai hanbok berwarna hijau tosca. Meskipun banyak dihujat oleh netizen China, banyak penggemar yang memuji kecantikannya.

Selain itu, girl grup Blackpink juga sempat diboikot oleh fansite Jennie di China karena YG Entertainment tidak menunjukkan kejelasan aktivitas Blackpink maupun aktivitas solo dari Jennie.

Meskipun meninggalkan dampak yang kurang menguntungkan bagi idol tersebut, artis-artis ini tidak memberikan klarifikasi lebih lanjut atas hujatan yang dilayangkan oleh netizen China.

Perseteruan idol maupun artis Korea di China bukan hanya terjadi baru-baru ini, kejadian semacam ini sudah sering terjadi di masa lalu seperti halnya BTS pernah dikecam oleh netizen China karena menyampaikan terima kasih kepada veteran Perang Korea kala menerima penghargaan dari Korean Society pada 2020.

Meskipun banyak artis Korea yang diboikot di China, G-Dragon BIGBANG justru membuka jalan pasar artis Korea untuk promosi di China. Sebab, G-Dragon muncul di beberapa billboard China untuk iklan minuman.

Baca Juga: 4 Selebriti Korea Dikritik karena Pakai Hanbok, Terbaru Park Shin Hye