5 Fakta Boram Tube, YouTuber Cilik Korea Jadi Korban Hoaks Meninggal

YouTube.com/Boram Tube ToysReview
Boram Tube
Penulis: Hadi Mulyono
19/3/2022, 17.55 WIB

ZIGI – YouTuber cilik asal Korea Selatan, Boram Tube tengah menjadi perhatian dunia internasional. Pasalnya, ia dirumorkan meninggal dunia dan diguga menjadi korban kekerasan hingga eksploitasi anak di bawah umur.

Meskipun kabar tersebut masih simpang siur, namun banyak pula yang meyakini kebenarannya. Terlepas dari kasus tersebut, kali ini Zigi.id telah merangkum beberapa fakta tentang Boram Tube diolah dari berbagai sumber. Penasaran siapa sesungguhnya gadis cilik yang satu ini? Simak sampai habis guys.

Baca Juga: Rapper Korea Berusia 18 Tahun Selamat dari Percobaan Bunuh Diri

1. Berusia 9 Tahun

Boram Tube diketahui lahir pada tahun 2013 sehingga saat ini baru berusia 9 tahun. Meski masih anak-anak, ia menjelma jadi YouTuber sukses asal Gangnam, Seoul, Korea Selatan. World of Buzz melaporkan,  dua channel milik Boram tersebut memiliki keuntungan pasar paling besar di antara banyak YouTuber Korea yang terdaftar di Social Blade.

2. Sukses di YouTube

Kanal YouTube Boram Tube saat ini menyembunyikan jumlah subscribernya. Akan tetapi menurut data dari The Korea Times pada tahun 2019, kanalnya yakni Boram Tube ToysReview ketika itu telah mempunyai lebih dari 30 juta subscriber.

Saluran tersebut biasanya mengulas tentang review mainan yang disukai anak-anak seusianya. Tidak hanya satu channel, ia juga sukses mengembangkan kanal Boram Tube Vlog juga dengan jutaan subscriber. Dikabarkan, ia bisa meraup penghasilan dari kanalnya secara akumulatif mencapai US$3,1 juta atau setara Rp43 miliar per bulan.

3. Beli Properti Seharga Rp111 Miliar

Berbekal popularitas dan penghasilannya yang luar biasa, pada tahun 2019 Boram sudah bisa membeli gedung 5 lantai di Distrik Gangnam senilai U$8 juta atau setara Rp111 miliar (kurs Rp13.989 saat itu). Untuk diketahui, kanal YouTube Boram Tube ToysReview dibuat pada 18 Mei 2016, sedangkan Boram Tube Vlog berusia lebih lama dengan bergabung pada 21 Februari 2012.

4. Dikabarkan Meninggal Dunia

Belakangan ini, nama Boram Tube sedang ramai dibicarakan khususnya netizen Korea Selatan. Sebab gadis cilik tersebut dikabarkan meninggal dunia dengan cara yang menyedihkan. Akan tetapi, kabar tersebut dinyatakan palsu (hoaks) mengingat tidaK ada yang bisa membuktikannya.

Berdasarkan penelusuran Zigi.id, Boram dan keluarganya masih aktif membuat video di kanal Boram Tube ToysReview. Hari ini, Sabtu, 19 Maret 2022 Boram mengunggah sebuah video berjudul Boram and Ddochi show how to help each other at school.

5. Diduga Jadi Korban Eksploitasi Anak

Dengan popularitas yang begitu besar, muncul pula dugaan yang menyebut kalau Boram Tube telah menjadi korban eksploitasi serta pelecehan anak. Dia disebut-sebut selalu dipaksa membuat konten oleh orangtuanya demi mendapatkan uang yang jauh lebih besar.

Namun dikutip dari The Ancestory, kasus tersebut tidak terbukti, dan Sebagian pihak menilai kabar tersebut sebagai narasi yang dibuat-buat. Orangtua Boram dikabarkan selalu khawatir dengan pertumbuhan putrinya seiring dengan pengaruh keartisan dan tekanan dari penontonnya.

Itu dia beberapa fakta tentang Boram Tube, YouTuber cilik Korea Selatan yang diisukan meninggal dunia. Sampai saat ini belum ada pernyataan resmi yang dirilis orangtua Boram untuk klarifikasi kabar tersebut.

Baca Juga: Rudy Salim Capek Terseret Kasus Indra Kenz: Saya Pikir YouTuber Keren