Mengenal Sikhye, Minuman Khas Korea Dalam Hometown Cha-Cha-Cha

Berbagai Sumber
Minuman Sikhye dan Sikhye Couple
Penulis: Yasmin Karnita
27/9/2021, 15.00 WIB

ZIGI – Sikhye, julukan couple atau pasangan karakter Hong Du Shik (Kim Seon Ho) dan Yoon Hye Jin (Shin Min Ah) di drama Hometown Cha-Cha-Cha ternyata merupakan nama minuman tradisional Korea Selatan. Lebih spesifik, sikhye terbuat dari rendaman beras manis dan campuran gandum.

Sikhye sendiri masuk dalam kategori minuman non alkohol yang biasa dinikmati orang Korea Selatan setelah merilekskan tubuh di tempat sauna. Selain itu, minuman ini juga sering dihidangkan dalam acara-acara penting seperti Tahun Baru dan Festival Panen.

Yuk simak penjelasan lengkap tentang minuman tradisional Sikhye yang ternyata juga memiliki banyak manfaat lewat artikel di bawah ini.

Baca Juga: Makna Lirik Lagu Be The Light - Kim Jaehwan, OST Hometown Cha-Cha-Cha

Apa Itu Minuman Sikhye?

Sikhye adalah salah satu minuman tradisional yang sering muncul di berbagai drama Korea. Terbaru, minuman ini dipakai menjadi nama couple untuk dua karakter utama drama Hometown Cha-Cha-Cha yang kebetulan bernama Hong Du Shik dan Yoon Hye Jin.

Pada dasarnya, Sikhye terbuat dari bubuk barley malt (tepung gandum) atau disebut yeotkireum dalam bahasa Korea. Bubuk tersebut dilarutkan dalam air panas, kemudian disaring sampai ampasnya mengendap. Larutan air tersebut kemudian dituangkan ke dalam nasi yang telah direbus.

Hasil rebusan inilah yang dinamakan sikhye. Orang-orang di Korea biasanya membuat sikhye menggunakan alat penanak nasi atau rice cooker.

Untuk menambah rasa manis, bisa ditambahkan gula atau madu. Setelah selesai, rebusan sikhye biasanya disajikan dalam kondisi dingin. Rasanya sangat lembut, disertai manis yang tidak berlebihan membuat minuman ini digemari banyak orang.

Proses Pembuatan Minuman Sikhye Butuh Kesabaran

Selain terbuat dari bubuk barley malt, bahan dasar Sikhye juga bisa diganti dengan kacang pinus atau sesuai dengan keinginan masing-masing. 

Meskipun bahan-bahannya sederhana seperti air, tepung gandum, gula, dan nasi, membuat sikhye membutuhkan waktu yang lama dan kesabaran ekstra. Pasalnya, rasa sikhye akan jauh lebih lezat jika beras difermentasi terlebih dahulu, juga agar memilik tingkat kemanisan yang pas.

Manfaat Minuman Sikhye

Minuman Sikhye sering digunakan sebagai pencuci mulut. Waktu yang paling pas untuk menikmatinya setelah berendam di air panas. Biasanya, orang Korea sering pergi ke sauna untuk relaksasi diri.

Selain itu, minuman sikhye memiliki banyak manfaat termasuk dipercaya berpengaruh baik untuk pencernaan karena mengandung serat dan antioksidan. Saat ini, sikhye telah dikembangkan menjadi minuman ringan dan punya sejumlah variasi seperti yeon yeop sikhye, andong sikhye, dan pumpkin sikhye.

Kim Seon Ho Deskripsikan Chemistry dengan Shin Min Ah Bak Minuman Sikhye

Kini nama Sikhye tak hanya populer sebagai minuman tradisional saja, tapi juga karena dipakai sebagai nama couple dalam drama Korea yang tengah naik daun, Hometown Cha-Cha-Cha. Kebetulan jika nama dua karakter utamanya yakni Hong Du Sik diperankan Kim Seon Ho, dan Yoon Hye Jin oleh Shin Min Ah, digabung, membentuk nama Sikhye.

Dalam sebuah wawancara terpisah, Kim Seon Ho sempat mendeskripsikan bahwa chemistry-nya dengan Shin Min Ah bak minuman sikhye yang menyegarkan.

“Sama seperti saat aku memikirkan (minuman) sikhye yang sejuk dan manis di musim panas, aku juga sering memikirkan pasangan Sikhye. Aku ingin memberikan perasaan yang sejuk dan manis untuk para penonton,” ungkap Kim Seon Ho dalam sebuah wawancara.

Itulah sederet fakta menarik, cara membuat, hingga manfaat sikhye. Yang merupakan salah satu minuman tradisional Korea Selatan yang namanya digunakan untuk Sikhye couple, julukan untuk pasangan karakter Hong Du Sik (Kim Seon Ho) dan Yoon Hye Jin (Shin Min Ah) di drama Hometown Cha-Cha-Cha.

Baca Juga: SikHye Couple Jadian, Rating Hometown Cha-Cha-Cha Eps 10 Tertinggi