ZIGI – Sebuah terobosan baru resmi diperkenalkan Twitter demi memuaskan para penggunanya. Pembaruan tersebut khusus diberikan kepada pengguna Twitter yang dapat menikmati fitur Soft Block.

Cara kerja fitur Soft Block Twitter sebenarnya hampir sama seperti fitur blokir. Pengguna bisa membatasi akun-akun yang dianggap mengganggu. Lalu bagaimana cara menggunakan fitur soft block? Simak sampai habis ya artikelnya!

Baca Juga: Gara-gara Elon Musk, Harga Kripto Bergambar Anjing Shiba Inu Meroket

Apa Itu Fitur Soft Block?

Melansir dari The Verge, Selasa, 12 Oktober 2021, uji coba pertama kali fitur Soft Block diluncurkan pada bulan September kemarin. Fitur ini memungkinkan setiap penggunanya di web menghapus pengikut yang dinilai mengganggu tanpa harus repot memblokirnya.

Perlu diketahui, cara kerja fitur Soft Block berbeda dengan fitur blokir biasa. Jika fitur blokir biasa akan membuat kamu tidak bisa berkomunikasi dalam bentuk apa pun dengan yang diblokir, tetapi fitur Soft Block hanya membuat follower yang kamu blokir tidak bisa melihat cuitanmu saja.

Jadi, apabila kamu pengguna web Twitter dan menjadi sasaran fitur Soft Blok, maka masih tetap bisa melihat profil dan berbagai update informasi mereka di Twitter. Sederhananya, fitur Soft Block adalah sebuah cara lebih halus yang disediakan Twitter untuk membatasi kamu dengan orang lain yang dinilai mengganggu.

Cara Menggunakan Fitur Soft Block

Buat yang saat ini merasa sebal dengan orang lain dan berniat menggunakan fitur Soft Block, kamu bisa mengikuti cara-cara berikut ini:

  1. Pertama, buka profil Twitter kamu lalu klik pengikut
  2. Kemudian, klik menu tiga titik di sebelah pengikut
  3. Jika sudah, langsung klik opsi "Hapus Pengikut Ini" (Nantinya kamu dapat melihat pratinjau sebelum kamu yakin menghapusnya di Twitter)
  4. Pengikut yang kamu hapus tersebut tidak akan diberi tahu tentang perubahan tersebut

Nah, berhubung pengguna yang dijadikan sasaran fitur Soft Block tidak diberi tahu oleh Twitter, umumnya suatu saat pengguna tersebut akan sadar sendiri kalau sudah tidak berteman.

Cara Blokir Akun di Twitter Secara Penuh

Di sisi lain apabila kamu merasa kurang puas dengan fitur Soft Block, kamu bisa memanfaatkan fitur blokir secara penuh. Kamu hanya perlu dua Langkah untuk melakukannya yakni:

  1. Klik ikon titik tiga yang terletak di bagian atas Tweet dari akun yang ingin kamu blokir
  2. Klik “Blokir”, kemudian pilih Blokir untuk mengonfirmasi

Fitur blokir adalah layanan yang bisa membantu pengguna membatasi akun tertentu untuk menghubungi, melihat tweet, dan mengikuti mereka. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diketahui tentang aktivitas memblokir akun, di antaranya:

  • Akun yang telah diblokir tidak dapat mengikuti kamu, dan kamu juga tidak dapat mengikuti akun yang telah diblokir.
  • Memblokir akun yang saat ini kamu ikuti akan menyebabkan kamu berhenti mengikuti akun tersebut (dan mereka berhenti mengikutimu). Jika kamu memutuskan untuk membuka blokir suatu akun, maka kamu harus mengikuti kembali akun tersebut.
  • Akun yang diblokir tidak menerima notifikasi yang memberi tahu mereka bahwa akun mereka telah diblokir.
  • Jika kamu memblokir akun dan mereka memilih untuk melaporkan akunmu, Tweet kamu yang menyebut mereka secara langsung akan tersedia untuk mereka lihat dan lampirkan selama proses pelaporan.
  • Kamu  tidak akan menerima notifikasi apa pun dari akun yang telah diblokir.

Dari uraian di atas terkait fitur Soft Block dan blokir penuh di Twitter, mana yang menjadi pilihanmu dalam menyikapi pengguna yang menggangu guys?

Baca Juga: Desain Ulang dan Font Baru Twitter Bikin Pengguna Bingung