Pangeran William Sindir Orang Kaya yang Bikin Wisata Luar Angkasa

Instagram/dukeandduchessofcambridge
Pangeran William
15/10/2021, 12.11 WIB

ZIGI – Pangeran William hadir dalam bincang-bincang Newscast BBC terkait perubahan iklim bumi. Dalam bincang-bincang tersebut, ia secara khusus menyebut bahwa wisata luar angkasa yang diinisiasi oleh para miliarder adalah hal sia-sia. 

Sang Pangeran juga menunjukan kecemasan terhadap kondisi bumi akan memiliki dampak besar kepada generasi muda. Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Co-founder Apple Steve Wozniak Ikut Bikin Perusahaan Luar Angkasa

Pangeran William Sindir Miliarder Bisniskan Perjalanan Luar Angkasa

Pangeran William hadir di BBC Newscast pada 14 Oktober 2021. Kehadiran The Duke of Cambridge tersebut berkaitan dengan acara penghargaan Eartshot Prize, hadiah yang ditujukan kepada aktivis lingkungan yang membantu mendorong perubahan untuk bumi dalam sepuluh tahun ke depan. Penghargaan tersebut pertama kali diluncurkan pada Oktober 2020 oleh William dan David Attenborough. 

Dalam bincang-bincang tersebut, mengutip dari BBC, Pangeran William menegaskan bahwa kemampuan otak dan pikiran seharusnya difokuskan pada cara memperbaiki bumi, bukan mencari tempat lain untuk ditinggali.

Perlombaan miliarder yang memberikan akses pada perjalanan luar angksa bukanlah langkah tepat. Sang pewaris tahta kerajaan Inggris tersebut mengkritik para miliarder yang justru memilih luar angkasa sebagai wahana wisata baru. 

William sepertinya merujuk pada proyek Jeff Bezos, bos Amazon. Pada 13 Oktober 2021, aktor Kanada, William Shatner yang juga pemain Star Trek terbang ke luar angkasa. Ia ikut dalam penerbangan kedua yang diorganisasi oleh Blue Origin, perusahaan milik Jeff. 

"Ini benar-benar waktu yang sangat penting untuk fokus pada bumi, dibanding harus menyerah dan mencari cara untuk ke luar angkasa," tegas William kepada BBC. 

Kepada Adam Fleming, pembawa acara Newscast, Pangeran William mengatakan bahwa ia tidak memiliki ketertarikan untuk pergi ke luar angkasa. Ia juga menambahkan bahwa beberapa hal yang belum terjawab dari wisata macam itu, misal berapa biaya karbon yang harus dikeluarkan perusahaan untuk penerbangan ke antariksa. 

Miliarder Berlomba Bikin Wisata Luar Angkasa

Tanggal 20 Juli 2021 adalah memori istimewa untuk miliarder pemiliki Amazon, Jeff Bezoz. Pada tanggal tersebut ia berhasil mengudara ke luar angkasa untuk waktu 10 menit 10 detik. Dengan menggunakan pesawat New Shepard, Jeff dan 3 penumpang lainnya berada 104 kilometer di atas permukaan bumi. Keberhasilan ini membuat Jeff Besoz yakin pengalaman ke luar angkasa bisa dikomersilkan

Selain Jeff, nama Elon Musk juga ada di dalam daftar miliarder yang mencoba peluang ke luar angkasa. Pada 15 September 2021 SpaceX mengirimkan 4 astronout amatir untuk penerbangan wisata luar angkasa selama tiga hari. Perjalanan tersebut bisa dibilang sukses, dan ketiga penumpang mendarat kembali ke bumi pada 18 September 2021. 

Konglomerat Inggris, Richard Branson juga melakukan hal yang sama. I adalah pendiri Virgin Galactic, perusahaan pesawat luar angkasa komersil asal Inggris. Mendahuli Jeff, Richard terbang bersama kru Virgin Glactic lainnya selama 90 menit ke luar angkasa. 

Perlombaan miliarder untuk menghasilkan uang dari perjalanan luar angkasa membuat cemas Pangeran William. Pasalnya tenaga tersebut bisa dialihkan untuk melakukan perbaikan pada bumi. Sang pangeran juga mengatakan kondisi planet yang sudah begitu buruk meningkatkan kecemasan perubahan iklim yang akan menimpa kalangan generasi muda. 

Baca juga: Kronologi Persaingan Elon Musk dan Jeff Bezos dalam Inovasi Teknologi