Universitas New York Buka Kelas Mata Kuliah Tentang Taylor Swift

Berbagai sumber
Kelas Khusus Taylor Swift Di Universitas New York
3/2/2022, 12.08 WIB

ZIGI – Institute Clive Davis, New York University baru-baru ini mengumumkan mata kuliah tentang Taylor Swift. Kelas tersebut rencananya akan berlangsung hingga 9 Maret 2022 mendatang.

Bagi penggemar yang ingin mengenal ketertarikan musik yang digeluti oleh Taylor Swift, sudah dapat mendaftar untuk kelas tersebut. Seperti apa kelas tentang musik kreatif Taylor Swift? Yuk simak artikelnya di bawah ini!

Baca Juga: Kado Istimewa Taylor Swift di Perayaan Ultah ke-1 Album Folklore

Kelas Tentang Musik Kreatif Taylor Swift di Universitas New York

Institute Clive Davis, Universitas New York mengumumkan secara resmi pada 26 Januari 2022 lalu tentang kelas musik kreatif Taylor Swift. Kelas tersebut rencananya hanya akan berjalan kurang lebih dua bulan yakni 26 Januari hingga 9 Maret 2022.

Sementara yang dipercaya sebagai pengajar kelas tersebut adalah Brittany Spanos jurnalis Rolling Stone sekaligus penggemar Taylor Swift.

“Saya telah meliput Taylor Siift sejak saya memulai karir menulis saya satu dekade yang lalu dan telah menjadi penggemar beratnya. Merupakan suatu kehormatan dapat berbagi ilmu keahlian Swifie (penggemar Taylor Swift) saya dengan sekelompok siswa,” ujar Brittany Spanos seperti dilansir dari Variety pada Kamis, 3 Februari 2022.

Brittany Spanos dipilih langsung oleh penulis dan musisi veteran, Jason King yang merupakan ketua dari Institute Clive Davis. Sebelumnya, King pernah menambahkan kelas khusus seperti diajarkan oleh penulis Dilla Time, Dan Charnas hingga produser sekaligus insinyur legendary Bob Power.

“Saat Brittany pertama kali menyarankannya, saya tidak berpikir lama. Dia penggemar Taylor tetapi dia juga mengerti bagaimana mengontekstualisasikan budayanya,” ujar King.

Taylor Swift rencananya juga akan diundang sebagai pengajar di kelas. Namun, pihak penyanyi lagu All Too Well tersebut belum memberikan konfirmasi sebab undangan masih tertunda.

Menurut Brittany, kelas tersebut akan membahas tentang evolusi musik Taylor Swift. Ia menganggap Swift merupakan seorang wirausahawan musik kreatif, warisan penulis lagu pop dan country. 

Topik Mata Kuliah Musik Kreatif Taylor Swift

Kelas Taylor Swift juga akan membahas tentang wacana kepemudaan, politik ras dalam musik populer kontemporer.

Brittany juga menjelaskan jika kelas tersebut akan menggali lebih dalam tentang budaya dan politik gadis remaja dalam musik pop, fandom, studi media, ras dan kekuatan yang berkaitan dengan citra para musisi.

“Kami juga akan mempertimbangkan topik seperti hak cipta dan kepemilikan, nasionalisme Amerika dan dampak berkelanjutan dari media sosial pada industri musik pop,” tulis pernyatan dari pihak Institute Clive Davis.

Oleh karena itu, kelas tersebut akan memempelajari pengaruh musik dan seorang musisi terhadap politik serta kemampuan sosial di masyarakat.

Tujuan Kelas Khusus Taylor Swift

Kelas yang dinamakan sebagai Taylor Swift ini tentu saja akan membahas tentang pengaruh penyanyi kelahiran 1989 tersebut di dunia musik. Untuk mengenal lebih mendalam, ada beberapa tujuan Institute Clive Davis mengadakan kelas ini, diantaranya:

  • Mahasiswa dapat mengembangkan pemahaman dan apresasi terhadap Taylor Swift sebagai wirausaha musik kreatif.
  • Mahasiswa akan belajar mendekonstruksi cara kreativitas dan penulisan lagu Taylor Swift sehingga pelantun I Know You Were Trouble tersebut dapat bertahan di dunia musik Amerika dan dunia.
  • Mahasiswa dapat belajar tentang warisan penulis lagu pop dan country yang telah mempengaruhi Taylor Swift dan wacana seputar orang berbakat dalam sejarah musik pop.
  • Mahasiswa juga akan memahami tentang wacana remaja dan perempuan sering dieksploitasi di media dan industri musik.
  • Mahasiswa mampu mengembangkan kecanggihan yang lebih besar dalam apresiasi artistik, pemikiran kritis, penelitian dan keterampilan dalam hal menulis.

Saat Institute Clive Davis, Universitas New York meluncurkan kelas ini, pendaftaran sudah waiting list atau daftar tunggu yang panjang. Untuk informasi lebih lengkap, silahkan kunjungi halaman https://tisch.nyu.edu/clive-davis-institute.

Baca Juga: Taylor Swift Ngamuk Usai Dibanding-bandingkan sama Billie Eilish