5 Kontroversi Desainer Arnold Putra, Diduga Pesan Organ Manusia

Instagram/@arnoldputra
Arnold Putra
Penulis: Hadi Mulyono
24/2/2022, 09.33 WIB

ZIGI – Desainer Arnold Putra kembali menjadi sorotan dunia. Lagi-lagi ia terlibat dalam sebuah skandal kontroversial di mana ia diduga telah memesan organ tubuh manusia dari Brazil dan disebut-sebut akan dijadikan bahan pembuatan fashion.

Sebelumnya, desainer asal Indonesia yang kini tinggal di Los Angeles, Amerika Serikat ini telah terlibat dalam beberapa aksi kontriversial lainnya. Apa saja itu? Yuk, simak lima kontroversi Arnold Putra sebagai desainer di bawah ini.

Baca Juga: Pro-Kontra Arnold Putra Pakai Baju Pemuda Pancasila di PFW 2022

1. Bikin Tas dari Tulang Belakang Manusia

Kontroversi pertama yang datang dari desainer Arnold Putra terjadi pada tahun 2016 silam. Ia terlihat mengunggah sebuah foto tas jinjing berwarna putih yang terbuat dari bahan tulang belakang manusia.

Dia ketika itu langsung dihujat publik dan akhirnya membuat klarifikasi. Ia mengatakan, tulang tersebut didapatkan dari sumber yang etis, dilengkapi surat resmi otoritas medis Kanada. Lebih lanjut, Arnold berdalih tulang tersebut berasal dari seorang anak yang mengalami penyakit osteoporosis.

2. Tas Dari Lidah Buaya

Tas dari tulang belakang manusia tadi ternyata tidak hanya mengandung satu kontroversi. Menurut laporan berbagai sumber, tas itu juga terbuat dari bahan lainnya yakni lidah buaya. Ia mengklaim bahan bakunya diambil dari produk sampingan industri daging dan kulit buaya.

"Seorang perancang busana Indonesia menjual tas tangan yang terbuat dari lidah buaya dan tulang punggung manusia yang "bersumber etis", yang katanya berasal dari surplus medis di Kanada," demikian menurut laporan Insider, dikutip Zigi.id, Kamis, 24 Februari 2022.

3. Pakai Baju Pemuda Pancasila

Belum lama ini, Arnold Putra tampil di perhelatan akbar Paris Fashion Week 2022. Penampilan Arnold mendatangkan perdebatan publik.

Sebab saat itu ia mengenakan baju mirip Pemuda Pancasila berwarna loreng hitam-oranye. Hal itu mendatangkan kritik dari banyak pihak termasuk jurnalis Kevin Ng lewat utas Twitter @sandhatu yang viral.

"Arnold Putra, seorang perancang busana Indonesia, mengenakan seragam Pemuda Pancasila di Paris Fashion Week 2022. Pemuda Pancasila adalah organisasi paramiliter sayap kanan yang terlibat dalam genosida 1965-66. Arnold dikritik sebelumnya karena membuat tas dari tulang belakang manusia,” tulis Kevin pada 24 Januari 2022 dari akun Twitter @sandhatu.

4. Diduga Tipu Suku Pedalaman

Melalui Instagram miliknya, Arnold Putra blak-blakan mengakui kalau ia tertarik dengan suku-suku pedalaman di dunia yang konservatif. Arnold dilaporkan telah membawa barang mewah yang diduga palsu untuk ditukarkan dengan barang milik suku pedalaman.

Terungkapnya skandal itu berawal dari cuitan akun Twitter SuperiorGab yang menimbulkan respon negatif untuk Arnold. Akan tetapi hingga saat ini, kebenaran tentang barang-barang branded yang diduga palsu tersebut masih penuh tanda tanya.

5. Pesan Organ Tubuh Manusia

Terbaru, kepolisian Brazil membongkar perdagangan organ tubuh manusia yang diduga melibatkan desainer Indonesia berinisial AP. Hal ini terungkap dari penggerebekan laboratorium di Amazonas State University (UEA), di Kota Manaus yang berlangsung pada 22 Februari 2022.

Dilansir dari VICE World News, anggota kepolisian federal Brasil menyebut paket tersebut akan dikirim ke Singapura dan telah meninggalkan pelabuhan Manaus. Akibatnya, pekerja laboratorium yang terlibat dinilai telah melanggar UU Perdagangan Manusia, dan terancam hukuman maksimal delapan tahun penjara.

Demikian sederet kontroversi Arnold Putra, desainer muda Indonesia yang sudah berkarier di dunia fashion kelas internasional. Arnold belum memberikan klarifikasi terkait kontroversi terbarunya. Saat ini akun Instagram miliknya telah diatur private sehingga tidak bisa diakses publik.

Baca Juga: Profil dan Biodata Arnold Putra: Agama, Keluarga, Pacar, Kontroversi