4 Tips Lari Saat Puasa Ramadan Ala Atlet Triyaningsih

@triya_ningsih/Instagram
Triyaningsih
16/4/2022, 07.02 WIB

ZIGI – Berpuasa di bulan Ramadhan tak lantas meninggalkan aktivitas fisik seperti olahraga termasuk lari. Atlet berprestasi Indonesia, Triyaningsih, membagikan beberapa tips lari saat puasa. 

Atlet yang sudah mengantongi 11 medali emas SEA Games ini mengunggah tips olahraga lari di akun TikTok dan Instagramnya beberapa waktu lalu. Penasaran bagaimana tetap bisa olahraga lari saat puasa? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga: 3 Tips Olahraga Saat Puasa, Jaga Tubuh Tetap Bugar

1. Tentukan Waktu Latihan yang Nyaman

Triyaningsih mengungkap bahwa latihan yang nyaman bagi setiap orang berbeda-beda. Alangkah baiknya jika melakukan satu sesi latihan di sore hari sebelum berbuka puasa. Hal ini bertujuan agar setelah berlari, kalian akan segera mendapatkan cairan dari berbuka.

Namun, kalian juga dapat melakukan latihan lari dengan satu sesi di waktu pagi hari, lebih tepatnya saat pukul 08.00 atau sebelum matahari belum terik.

2. Hukum 30 Persen

Hukum 30 persen artinya mengurangi aktivitas latihan lari sebanyak 30 persen dari latihan biasanya. Dengan demikian, kalian tidak akan merasa kewalahan saat lari. Bagi yang sudah terbiasa berlari, dapat memperkirakan takaran lari yang sesuai dengan kebiasaan. 

Bagi yang tidak terbiasa lari, alangkah baiknya untuk melalukan secara perlahan namun tetap stabil sehingga tidak menguras tenaga.

 

3. Melakukan Modifikasi Program

Modifikasi program ini sama halnya ketika mengurangi porsi latihan sebanyak 30 persen. Namun kalian perlu menggabungkan volume dan intensitas berlari agar tubuh tidak terlalu lelah.

Menurut Triyaningsih, jika volume (jarak atau durasi) dinaikkan, maka turunkan intensitas (kecepatan). Sebaliknya, jika menaikkan intensita, maka turunkan volume berlari.

4. Perhatikan Asupan 

Dalam berolahraga lari, hal yang tidak kalah penting adalah menjaga pola makan yang sehat. Pastikan kalian mengonsumsi vitamin dan perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka.

Triyaningsih menyarankan untuk kalian yang ingin latihan lari, menghindari makan makanan berminyak. Seperti yang diketahui, banyak orang Indonesia yang suka makan gorengan ketika buka puasa. 

Konsumsi makanan berminyak akan mempengaruhi aktivitas penceranaan sehingga ketika latihan lari, justru kehilangan energi.

Nah, itu tadi tips lari saat puasa yang dibagikan oleh atlet Indonesia, Triyaningsih. Pastikan untuk selalu mengonsumi makan makanan sehat dan perbanyak minum agar tubuh selalu terhidrasi. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Olahraga di Rumah agar Tubuh Tetap Bugar