Instagram Luncurkan Fitur NFT, Kreator Bisa Tambah Penghasilan

instagram.com
Instagram
Penulis: Hadi Mulyono
15/5/2022, 19.26 WIB

ZIGI – Non-fungible tokens (NFT) kian digandrungi masyarakat seluruh dunia dari berbagai kalangan. Kekinian, aplikasi media sosial Instagram merilis fitur NFT yang diberi nama Digital Collectibles sebagai upaya untuk terus mengikuti perkembangan zaman.

Sebagai aplikasi yang awalnya berbasis video dan foto, bagaimana cara Instagram membuat fitur NFT? Berikut penjelasan Instagram sebagaimana dikutip dari akun resmi mereka. Keep scrolling!

Baca Juga: Mengenal dan Cara Pakai Twitter Circle, Fitur Baru Mirip Close Friend

Tujuan Instagram Buat Fitur NFT

Fitur Digital Collectibles dirilis seiring dengan terciptanya beragam konten yang menginspirasi banyak orang dan memajukan budaya di seluruh dunia. Dengan peluang luar biasa dari teknologi blockchain, Instagram menilai para kreator bisa memanfaatkan alat baru untuk mendapatkan penghasilan.

Selain itu, penggemar dapat mendukung kreator favorit mereka dengan membeli koleksi digital seperti seni, gambar dan video, musik atau kartu perdagangan sebagai NFT.

"Mulai minggu ini, pembuat dan kolektor terpilih dapat membagikan koleksi digital mereka di Instagram," demikian tulis Instagram dikutip Zigi.id dari laman resminya pada Minggu, 15 Mei 2022.

Fitur baru ini memungkinkan kreator menggunakan teknologi baru seperti NFT untuk lebih mengontrol pekerjaan, hubungan dengan penggemar, dan cara memonetisasi.

Tujuan utama Instagram membuat fitur Digital Collectibles adalah untuk memberdayakan beragam suara dari kelompok yang kurang terwakili untuk memiliki akses ke aset digital yang muncul seperti NFT.

"Dengan membangun dukungan untuk NFT, kami bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas, menurunkan hambatan masuk, dan membantu menjadikan ruang NFT lebih inklusif bagi semua komunitas. Penting juga bagi kita untuk menjaga Instagram sebagai tempat yang aman dan menyenangkan bagi semua orang," tambah Instagram.

 

Tentang Fitur Digital Collectibles

Instagram mulai menguji Digital Collectibles dengan beberapa pembuat dan kolektor di Amerika Serikat agar dapat membagikan NFT di Instagram yang telah mereka buat atau beli. Fitur Digital Collectibles ini meliputi:

  1. Connecting a digital wallet (Menghubungkan dompet digital). Setelah terhubung, pembuat dan kolektor akan memiliki kemampuan untuk memilih NFT mana dari dompet mereka yang ingin mereka bagikan di Instagram.
  2. Sharing Digital Collectibles (Berbagi koleksi digital). Pencipta atau kolektor yang telah memposting koleksi digital akan memiliki efek berkilau dan dapat menampilkan informasi publik, seperti deskripsi NFT. Postingan juga akan terlihat di profil mereka.
  3. Automatic tagging of both the creator and collector (Penandaan otomatis dari pencipta dan kolektor). Pembuat dan kolektor dapat secara otomatis dikaitkan di pos koleksi digital (tergantung pada pengaturan privasi mereka).

Rencana Selanjutnya

Perusahaan Meta yang menaungi Instagram sudah memiliki rencana besar ke depannya. Meta bertekad akan terus mendengar umpan balik pengguna saat memulai investasi baru untuk perusahaan.

"Segera, kami akan meluncurkan koleksi digital di Facebook, dan memungkinkan orang untuk menampilkan dan membagikan koleksi digital mereka sebagai stiker AR di Instagram Stories," kata pihak Instagram.

Lebih lanjut, selama beberapa bulan mendatang Instagram akan mengeksplorasi fitur tambahan untuk memberikan manfaat lebih lanjut dari teknologi ini kepada kreator dan kolektor.

Baca Juga: Algoritma Baru Instagram Lebih Menghargai Karya Asli Konten Kreator