5 Fakta Citayam Fashion Week yang Viral di Kawasan Sudirman

@arie_panemus/Instagram
Ilustrasi Citayam Fashion Week
6/7/2022, 12.48 WIB

ZIGI – Istilah Citayam Fashion Week akhir-akhir ini ramai diperbincangkan di media sosial khususnya TikTok. Bukan ajang peragaan busana khusus, Citayam Fashion Week justru mulai viral lantaran banyak remaja dari Citayam dan Bojong Gede yang suka berkumpul di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Kawasan Sudirman awalnya terkenal dengan lokasinya yang bersih dan tertata rapi, membuat masyarakat berkunjung hanya sekedar berfoto. Lantas apa yang dimaksud dengan Citayam Fashion Week? Yuk simak fakta-faktanya di bawah ini!

Baca Juga: Profil dan Biodata TikTokers Jeje: Agama, Umur, Pacar, Pendidikan, IG

1. Mengenal Citayam Fashion Week

Kawasan Sudirman, Jakarta Pusat langsung viral setelah kemunculan beberapa remaja dari luar Jakarta berkunjung ke sana. Pasalnya, remaja-remaja itu kebanyakan berasal dari daerah Citayam dan Bojong Gede, Bogor.

Hal yang menarik perhatian lantaran para remaja tampil dengan outfit kekinian dengan konsep warna monokrom seperti hitam, putih dan abu. Remaja-remaja ini juga mengenakan aksesoris gaul dan pakaiannya berasal dari butik maupun distro lokal.

2. Awal Kemunculan Istilah Citayam Fashion Week

Istilah Citayam Fashion Week muncul pertama kali berkat TikTokers sekaligus fotografer bernama Radita Pradana. Ia mengunggah suasana di sekitar stasiun BNI City, Sudirman, Jakarta Pusat pada 27 Juni 2022. Lalu cowok itu menuliskan di unggahannya, ‘Citayem Fashion Week in Stasiun BNI City’.

Kemudian Radita memperlihatkan aktivitas sekelompok remaja yang berlalu lalang di sekitar Sudirman, Jakarta Pusat. Terlihat beberapa remaja asyik berselfie, dibalut dengan busana serba monokrom serta hoodie. Sementara video yang diunggah oleh Radita Pradana di TikTok telah dilihat sebanya 33 ribu pengguna. 

3. Muncul Nama-Nama Influencer Populer

 

Sebab gemar nongkrong di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, nama-nama remaja tersebut mulai dikenal. Salah satunya adalah Jeje atau Jejelinces yang disebut-sebut sebagai TikTokers yang disebut mirip dengan Fuji Utami.

Meskipun berasal dari Kemang, Jeje justru suka bergaul dengan teman-temannya yang berasal Citayam. Selain Jeje, ada juga Muammad Saddam yakni seorang YouTuber yang suka membagikan momen nongkrongnya di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

4. Tempat Foto Favorit

Sudirman menjadi tujuan lokasi di Jakarta yang memiliki pemandangan layaknya kota-kota di luar negeri seperti Jerman. Karena hal ini, membuat kawasan tersebut sering dijadikan lokasi para fotografer pemula untuk mengambil gambar.

Bahkan mereka memanfaatkan orang-orang sekitar Sudirman sebagai model. Salah satunya adalah Jeje yang sering mendapatkan tawaran sebagai model di Sudirman.

5. Menerima Banyak Keluhan

Setelah populer istilah Citayam Fashion Week dan banyaknya remaja luar Jakarta yang berkunjung ke kawasan Sudirman, justru mendapatkan berbagai kritikan dari warga setempat. 

Bahkan kondisi sekitar Sudirman menjadi banyak sampah dan mendapat keluhan dari warga sekitar melalui media sosial. Pasalnya, sampah-sampah tersebut berserakan di sepanjang jalan dan trotoar yang membuat kawasan Sudirman yang sebelumnya bersih menjadi kumuh.

Sementara itu, istilah Citayam Fashion Week tengah ramai diperbincangkan di TikTok karena para remaja asal Citayam yang mengenakan outfit kekinian, nongkrong di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Nafa Salvana, dari Warung Pecel Lele ke Milan Fashion Week 2022