7 Tips Makeup Mata Buat Pemula Ala Tasya Farasya

Instagram/@tasyafarasya
Tasya Farasya
23/11/2022, 07.00 WIB

ZIGI – Beauty vlogger Tasya Farasya bagikan tips makeup mata bagi pemula. Tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan ketika merias bagian mata karena tidak melihat bentuk mata hingga kesalahan dalam memakai alat-alat makeup.

Tasya Farasya bagikan tips mulai dari cara hingga alat yang cocok untuk mengaplikasikan makeup mata. Apa saja? Yuk intip tips-tips makeup mata yang cocok bagi pemula menurut Tasya Farasya!

Baca Juga: 8 Step Tutorial Makeup ala Korea yang Flawless dan Glowing

1. Selalu Pakai Base Makeup

Sebelum mengaplikasikan makeup pada mata, Tasya Farasya menyarankan untuk menggunakan base makeup. Alasannya adalah tampilan lebih mencolok dan makeup melekat dengan sempurna. Banyak macam base makeup yang bisa digunakan seperti eye shadow primer atau concealer.

Namun, Tasya menyarankan untuk memakai concealer karena makeup bisa tahan lama. Pengalaman ini bukan hanya dilakukannya setiap tutorial makeup bahkan ketika merias orang lain. Tahapannya adalah foundation kemudian aplikasikan concealer dan terakhir bedak tabur.

2. Gunakan Warna Transisi

Eyeshadow warna transisi adalah perpaduan warna yang akan mengantarkan ke warna eye shadow bagian dalam. Tasya Farasya menyarankan untuk menggunakan warna yang matte. Untuk lebih mudah, sebaiknya cari eyeshadow pallete yang selalu memberikan warna matte.

Untuk langkahnya, gunakan warna transisi yang lebih terang terlebih dahulu. Nah, untuk langkah awal adalah memulai aplikasikan bagian atas lipatan mata. Aplikasikan eyeshadow dengan arah ke dalam sehingga hasilnya lebih natural.

Fokus pada bagian luar terlebih dahulu karena eyeshadow yang digunakan adalah warna terang. Menurut Tasya Farasya, ia selalu menyisakan tempat diantara eyebrow dan tepi eyeshadow yang diaplikasikan karena bisa memberikan kesan rapi.

3. Harus Punya Brush

Untuk menampilkan bagian mata yang lebih mencolok juga tidak terlepas dari brush. Setiap brush memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Sebelum mengaplikasikan eyeshadow, sebaiknya brush ditepuk-tepukkan ke eyeshadow pallete atau sejenisnya agar tidak terlalu tebal atau meninggalkan butiran eyeshadow. Brush pertama yang perlu dimiliki adalah blending brush karena penggunaannya efisien saat mengaplikasikan eyeshadow.

Wanita kelahiran 1992 ini juga menyarankan buat pemula untuk memiliki pencil brush. Brush lain untuk bagian mata yang sangat penting digunakan adalah flat consealer brush. Pasalnya, brush ini sangat cocok untuk penampilan mata yang shimmering alias bersinar.

 

4. Beri Warna Gelap di Outer Corner

Tips selanjutnya untuk menciptakan kelopak palsu dengan eyeshadow berwarna gelap. Untuk mengaplikasikan eyeshadow ini sebaiknya gunakan pencil brush karena tidak memberikan kesan yang tebal. 

Tasya biasanya menggelapkan bagian outer corner ke arah dalam di atas lipatan mata. Jika ingin makeup yang sederhana, bisa menggunakan eyeshadow warna gelap namun jika ingin tampil lebih berani maka lakukan transisi sekali lagi. Pada tahap ini, sebaiknya diratakan menggunakan blending brush agar warnanya lebih natural dan tidak terlalu menor. 

5. Pakai Eyeshadow Shimmer

Langkah selanjutnya, aplikasikan eyeshadow shimmer alias warna-warna yang berkilau. Untuk mengaplikasikannya, gunakan flat concealer brush di bagian kelopak mata. Bagi yang matanya bulat, Tasya Farasya bagikan tips untuk mengaplikasikan lebih keluar garis dan ditemukan pada kelopak mata palsu. Tujuannya adalah ketika mata terbuka, maka warna eyeshadow akan lebih terlihat. 

6.  Gunakan Warna Gelap untuk Bawah Mata

Untuk memberikan efek mata lebih kecil, Tasya lebih menyarankan untuk menggunakan warna gelap di outer corner yakni sebelah ujung garis hingga setengah bagian bawah mata. Sementara untuk bawah mata mendekati hidung sebaiknya gunakan warna transisi yang lebih muda.

Pencil brush sangat penting digunakan untuk meng-highlight inner corner sehingga tampilan mata lebih besar. Khusus untuk highlighter inner corner, sebaiknya ditepuk-tepuk dulu di luar telapak tangan agar warna tidak terlalu gelap.

7. Bagian Eyeliner

Buat yang matanya bulat, sebaiknya buat eyeliner yang tidak terlalu tebal. Untuk menciptakan efek ini, sebaiknya gunakan pencil eye liner. Fokus pada out liner dengan efek swing kemudian di bagian inner corner tipis sehingga tidak mengganggu tampilan eyeshadow.

Sederet tips di atas adalah langkah makeup mata yang selalu diaplikasikan Tasya Farasya untuk riasan sehari-hari hingga ketika bekerja sebagai MUA untuk pernikahan. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 9 Tips Makeup Untuk Wajah Berjerawat Menurut Ahli, Jangan Salah