Rusia Tuduh Ukraina Tembak Depot BBM di Wilayahnya, Kyiv Membantah

Annissa Mutia
2 April 2022, 09:58
S. . Pemandangan asap dari kebakaran depot bahan bakar di kota Belgorod, Rusia, Jumat (1/4/2022).
ANTARA FOTO/REUTERS/Pavel Kolyadin/BelPressa/Handout /HP/dj
S. . Pemandangan asap dari kebakaran depot bahan bakar di kota Belgorod, Rusia, Jumat (1/4/2022).

Rusia menuduh Ukraina melakukan serangan udara terhadap depot bahan bakar di kota Belgorod Rusia pada Jumat (1/4/2022), sebuah insiden yang menurut Kremlin dapat mempengaruhi pembicaraan damai kedua negara. Tetapi, pejabat tinggi keamanan Kyiv membantah bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Kementerian pertahanan Rusia mengatakan dua helikopter Ukraina menghantam fasilitas di Belgorod, sekitar 35 km (22 mil) dari perbatasan dengan Ukraina, setelah memasuki Rusia pada ketinggian yang sangat rendah sekitar pukul 5 pagi waktu Moskow (0200 GMT).

Seperti dilansir Reuters, kebakaran yang diakibatkannya memaksa evakuasi beberapa orang, tetapi pada sore hari Wali Kota Belgorod Anton Ivanov mengatakan dinas pemadam kebakaran sedang memadamkan sisa-sisa api terakhir.

"Tidak ada ancaman bagi kehidupan dan kesehatan manusia. Semua warga dapat kembali ke rumah masing-masing," katanya dalam sebuah unggahan online.

Pejabat tinggi keamanan Ukraina menolak tuduhan Rusia. Belgorod adalah salah satu pusat logistik utama Rusia untuk perang.

"Untuk beberapa alasan mereka mengatakan bahwa kami melakukannya, tetapi menurut informasi kami ini tidak sesuai dengan kenyataan," kata Sekretaris Dewan Keamanan Oleksiy Danilov.

Sebelumnya, juru bicara kementerian pertahanan Oleksandr Motuzyanyk mengatakan dia tidak akan mengkonfirmasi atau menyangkal peran Ukraina.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...