Anies dan RK Minta Jokowi Akomodasi Suara Anak Muda di Forum G20

Empat prioritas isu yang akan dibawa pada KTT G20, yaitu ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, bumi yang berkelanjutan, keberagaman dan inklusi.
Annissa Mutia
2 Juli 2022, 12:31
KTT Y20, rangkaian KTT G20
BRI
KTT Y20, rangkaian KTT G20

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara kompak menyampaikan dukungannya untuk Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20.

Kedua kepala daerah itu menekankan pentingnya peran Presiden Jokowi dalam mengakomodasi rekomendasi anak muda soal empat isu prioritas ke pimpinan dunia di forum puncak G20 di Bali, November mendatang.

KTT Y20 merupakan rangkaian Presidensi G20 Indonesia yang akan dihelat di dua tempat, yaitu di Jakarta dan di Bandung, Jawa Barat pada 17-24 Juli mendatang.

Empat prioritas isu yang akan dibawa pada KTT G20, yaitu ketenagakerjaan pemuda, digital transformation, planet yang berkelanjutan, keberagaman dan inklusi,

Advertisement

“DKI Jakarta mendukung penuh KTT Y20 karena nantinya akan bisa menghasilkan pandangan atau deklarasi ke presiden sebagai pemimpin G20. Pandangan anak-anak muda terhadap masalahnya harus diakomodiasi pemimpin G20,” ujar Anies pada Konferensi Pers KTT Y20, Sabtu (2/7/2022).

 Anies memastikan Pemprov DKI Jakarta akan gelontorkan dana sebesar Rp2,7 miliar untuk kegiatan Y20. Dia mengatakan misi Pemprov DKI Jakarta mendorong acara tersebut agar Jakarta terus menjadi kota global dan menghasilkan deklarasi bersejarah.

Sementara itu, Ridwal Kamil menekankan KTT Y20 bisa mempopulerkan empat isu strategis yang dibahas dalam konferensi ke anak muda di seluruh dunia, khusunya di Indonesia.

 “Bandung sangat terkenal di seluruh dunia sebagai simbol sejarah bagaimana spirit anak muda menghasilkan gerakan global. Sehingga, kita bisa memberikan impresi kepada delegasi anak muda anggota G20 bahwa isu dunia dipikirkan dan suara anak muda didengarkan pemimpin dunia,” ujarnya.

Menindaklanjuti acara KTT Y20, Ridwan Kamil mengatakan Pemprov Jawa Barat akan menghelat Youth Inovation Festival.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait