Y20: Generasi Muda Berperan Penting Mewujudkan Planet Berkelanjutan

Image title
22 Mei 2022, 16:24
Ilustrasi, acara Pra-KTT Y20 Indonesia.
YouTube KTT Y20
Ilustrasi, acara Pra-KTT Y20 Indonesia.

Perwakilan anak muda negara-negara anggota G20 atau Youth 20 (Y20) menyerukan pentingnya peran generasi muda mewujudkan planet berkelanjutan dan layak huni. Pesan ini digaungkan pada Pra-KTT Ketiga Y20 Indonesia yang digelar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (21/5).

Co-Chair Y20 Indonesia 2022 Indra Dwi Prasetyo menekankan pentingnya bertindak sekarang untuk menyelamatkan bumi. Menurutnya, cara masyarakat menjalani hidup di bumi, baik dalam hal penggunaan sumber daya, maupun terkait penanganan limbah yang berlebihan maupun ekonomi linier, perlu diubah.

“Kekuatan, suara, networking dan koneksi anak muda perlu dimanfaatkan oleh forum ini untuk membantu membangun kembali koneksi dengan alam demi masa depan yang berkelanjutan untuk semua”, kata Indra, dalam keterangan resmi, Sabtu (21/5).

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Jonni Mardizal mengatakan, isu planet yang berkelanjutan dan layak huni harus menjadi isu yang lekat bagi anak muda. Kemenpora juga menekankan perlu adanya pembahasan lebih lanjut dan solusi konkret, khususnya bagi anak muda.

Pasalnya, generasi muda merupakan generasi yang akan mewarisi kehidupan di planet bumi untuk jangka panjang. Oleh karena itu, jika tidak ada solusi terkait masalah-masalah lingkungan yang saat ini tengah terjadi, kehidupan generasi muda berada dalam ancaman.

Pendapat senada juga diungkapkan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya. Menurutnya, generasi muda diharapkan memiliki peran besar dalam mengatasi krisis lingkungan saat ini.

“Forum Y20 diharapkan dapat terus mendorong penerapan model ekonomi sirkular, memperkuat kemitraan antara negara-negara G20 dan kaum muda yang merupakan agen perubahan dalam menciptakan lingkungan yang aman, inklusif, berkelanjutan, dan layak untuk semua,” ujar Siti.

Pentingnya keterlibatan anak muda dalam aksi iklim juga ditekankan oleh Satu Kahkonen selaku World Bank Country Director for Indonesia and Timor Leste. Ia menyerukan, agar generasi muda berani menyampaikan aspirasi terkait serta menghadirkan inovasi terkait upaya menghadirkan kehidupan yang berkelanjutan dan bumi yang layak bumi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...