Bagaimana Pandemi Corona Mempengaruhi Mimpi Kita?

Anshar Dwi Wibowo
29 Mei 2021, 08:00
Bagaimana Pandemi Corona Mempengaruhi Mimpi Kita?
ANTARA FOTO/REUTERS/Marzio Toniolo/WSJ/cf
Marzio Toniolo Bianca Toniolo, 3 tahunm tersenyum saat melakukan video call dengan ibunya Chiara Zuddas, 32 tahun, yang melakukan isolasi mandiri di kamar tidur setelah bertemu dengan seseorang dengan penyakit virus korona (COVID-19), dalam foto yang diambil oleh ayah Bianca yang juga melakukan karantina di rumah dengan keluarganya di San Fiorano, Italia, Selasa (9/2/2021).

Pandemi corona sudah berlangsung lebih dari satu tahun. Berbagai perubahan kebiasaan seperti memakai masker, menjaga jarak, hingga suasana jalanan yang sepi karena pembatasan aktivitas menjadi akrab dengan kehidupan sehari-hari.

Kondisi itu ternyata juga berdampak terhadap alam bawah sadar kita. Seorang psikolog di Harvard Medical School, Amerika Serikat, bernama Deirde Barret, telah mengumpulkan sekitar 15.000 gambaran mimpi dari survei yang dilakukan secara daring.

Advertisement

Dalam buku berjudul “Pandemic Dreams”, penelitian Deirde fokus pada gelombang pertama pandemi. Menurutnya, seperti dilansir dari BBC.com, saat awal pandemi banyak orang yang bermimpi tentang ancaman seperti serangan serangga atau tidak bisa bernapas.

Kemudian selama penutupan akses wilayah (lockdown) dan kegiatan belajar di rumah, mimpi yang umumnya terjadi ialah terjebak di penjara atau dipaksa mengikuti tes matematika dadakan.

Setelah sekitar enam bulan, Deirde menyadari jika ada peningkatan signifikan dari penggambaran mimpi tentang lupa memakai masker. Atau, berada di area publik dan melihat orang-orang tidak menggunakan masker.

Menurutnya, mimpi pada periode awal yang cenderung mengungkap ketakutan tertular virus kian berkurang. Hal ini seiring dengan meningkatnya mimpi tentang kecemasan sosial.

Valdas Noreika, pengajar psikologi di Queen Mary University of London bersama kolega mengumpulkan diari mimpi. Mereka mempelajari apakah pikiran tentang Covid-19 di siang hari mempengaruhi mimpi seseorang.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement