Info Vaksinasi yang Perlu Diketahui Kelompok Usia 18 Tahun ke Atas

Anshar Dwi Wibowo
19 Juni 2021, 08:00
Info Vaksinasi yang Perlu Diketahui Kelompok Usia 18 Tahun ke Atas
Katadata

Pemerintah mengebut program pemberian vaksin virus corona untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Kini masyarakat berusia 18 tahun ke atas bisa melakukan vaksinasi Covid-19 . Program ini diawali dari Provinsi DKI Jakarta dan sudah dimulai sejak Rabu (9/6).

Kegiatan vaksinasi tersebut melibatkan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Vertikal Kementerian Kesehatan seperti Puskesmas, rumah sakit, dan kantor kesehatan pelabuhan di DKI Jakarta. Untuk sementara, vaksin yang digunakan pemerintah ialah AstraZeneca.

Adapun pada Juli 2021 vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas, direncanakan dilakukan di seluruh UPT Vertikal Kemenkes. 

Seperti dikutip dari website Kementerian Kesehatan, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksin tersebut aman karena sudah lolos tahap pengujian dan merupakan rekomendasi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

“Jenis vaksin yang disediakan pemerintah adalah jenis vaksin yang baik untuk menciptakan antibodi dalam tubuh,” ujarnya. 

Program vaksinasi untuk masyarakat usia 18 tahun ke atas tidak dikenakan biaya alias gratis. Hingga saat ini, Indonesia secara total telah menerima 8,2 juta dosis vaksin AstraZeneca. Selain itu, ada Sinovac sebanyak 84,5 juta dosis dan Sinopharm sebanyak 1 juta dosis.

Dari informasi yang dihimpun Katadata, berdasarkan hasil uji klinis yang dilakukan oleh banyak pihak, vaksin AstraZeneca aman untuk digunakan. Melihat dari hasil penelitian, efikasi vaksin AstraZeneca mencapai 76 persen dalam sekali suntik. Waktu pemberian dosis pertama dan kedua berjarak 8 - 12 minggu untuk mendapatkan hasil terbaik.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...