Perhatikan Hal Ini Saat Terjadi Efek Vaksinasi

Arofatin Maulina Ulfa
17 Agustus 2021, 12:00
Petugas medis menyuntikan vaksin COVID-19 ke pada warga saat vaksinasi COVID-19 massal di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (3/7/2021). Pemprov DKI Jakarta menggelar program Serbuan Vaksin Massal yang diperuntukan bagi warga minimal
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Petugas medis menyuntikan vaksin COVID-19 ke pada warga saat vaksinasi COVID-19 massal di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (3/7/2021).

Kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) merupakan gejala medis yang mungkin muncul setelah melakukan vaksinasi atau imunisasi. KIPI disebut memiliki keterkaitan dengan vaksin yang diberikan.

Menurut panduan informasi yang dikeluarkan Dana Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) tentang Vaksin Covid-19 dan KIPI, reaksi KIPI yang muncul setelah menerima vaksinasi menandakan bahwa vaksin sedang bekerja di dalam tubuh. Sistem daya tahan tubuh sedang belajar cara melindungi diri dari penyakit. 

KIPI umumnya bersifat sementara, dan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari tanpa pengobatan. Kejadian KIPI juga dapat dialami secara langsung setelah vaksinasi. Hal ini karena biasanya beberapa orang memiliki alergi terhadap zat tertentu sehingga mungkin mengalami reaksi segera setelah vaksinasi. Namun, hal ini sangat jarang terjadi. 

Sebagai tindakan pencegahan, setiap penerima vaksin akan disarankan menunggu selama minimal 15 menit di lokasi vaksinasi untuk memantau kondisi tubuh. Sebagian orang bisa mengalami KIPI yang lebih kuat setelah vaksinasi dosis kedua, namun ada pula yang tidak. 

Gejala KIPI biasanya ditandai dengan demam (suhu di atas 37,8°C), sakit kepala atau nyeri otot, mual atau muntah, nyeri sendi, nyeri pada lengan di tempat suntikan, menggigil, atau rasa lelah. Lantas, jika mengalami reaksi ringan seperti di atas, apa yang perlu dilakukan?. 

Jika merasa tidak nyaman sebaiknya segera beristirahat dan jika dibutuhkan, segera konsumsi obat penurun panas sesuai dosis yang dianjurkan. Dianjurkan pula minum air putih. 

Apabila demam timbul lebih dari 48 jam setelah vaksinasi atau berlangsung lebih lama dari 48 jam, peserta vaksinasi harus isolasi mandiri dan melakukan tes Covid-19. Jika masih belum mereda bisa menghubungi petugas kesehatan yang nomornya tertera di kartu vaksin.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...