Manfaat Kopi untuk Memperkecil Peluang Terinfeksi Covid-19

Image title
7 Oktober 2021, 08:30
Manfaat Kopi untuk Memperkecil Peluang Terinfeksi Covid-19
ANTARA FOTO/Fauzan/pras.
Sajian kopi koya, kopi khas Minahasa, Sulawesi Utara saat ini mulai menjadi primadona tersendiri bagi pecinta kopi. Di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut, dua sahabat, Real Ogi dan Pedro Pangemanan mengembangkan kopi dari daerahnya agar lebih dikenal di luar daerah.

Studi terbaru menunjukkan ada manfaat kopi untuk memerangi virus corona. Menurut Guru Besar Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Gadjah Mada (FTP UGM) Sri Anggrahini,  konsumsi secangkir kopi dalam sehari bisa memberi nutrisi yang dapat melindungi dari paparan Covid-19.

Dalam pidato ilmiah berjudul “Kopi untuk Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19” pada acara Dies Natalis ke-58 FTP UGM, Selasa (21/9), Sri memaparkan, di dalam kopi banyak terkandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi, sehingga dapat membantu memerangi virus yang masuk dalam tubuh. 

Sri merujuk pada studi yang dipublikasikan Northwestern University, Chicago, pertengahan Juli 2021 lalu. Penelitian ini berfokus untuk mengetahui peran nutrisi dalam memberi imun, secara khusus Covid-19.

Temuan utama dari studi ini menyatakan, konsumsi kopi dan sayuran dapat memberi perlindungan terhadap Covid-19.  

“Menurut penelitian tersebut, meminum secangkir kopi setiap hari efektif mengurangi peluang terinfeksi Covid-19. Yaitu memiliki risiko 10 persen lebih rendah terinfeksi dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi sama sekali,” ujar Sri.

Minum kopi juga dikaitkan dengan risiko pneumonia yang lebih rendah terhadap orang lanjut usia. Tidak hanya itu, Sri mengatakan, kopi bisa digunakan untuk mendeteksi seseorang terkena Covid-19 atau tidak. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...