Beragam Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siti Nur Aeni
7 September 2021, 19:20
Beragam Manfaat Kopi untuk Kesehatan dan Kecantikan
Instagram/@kopikenangan.id
Ice coffee salah satu cara minum kopi yang segar dan lezat

Kebiasaan minum kopi nampaknya sudah lumrah di masyarakat. Banyak orang memulai hari dengan secangkir kopi hangat. Kemudian di siang hari, kita juga sering menjumpai orang-orang membeli ice coffee di sela-sela waktu istirahatnya. Terlebih lagi saat ini tren kopi kekinian sedang naik daun, dan kopi menjadi lebih dekat dengan masyarakat terutama anak muda.

Kopi terkenal sebagai minuman penghilang rasa kantuk dan bisa meningkatkan fokus. Selain itu, manfaat kopi ternyata cukup banyak termasuk untuk kecantikan kulit dan wajah. Ingin tahu apa saja manfaat dari kopi? Simak penjelasan berikut ini.

Advertisement

Kandungan Kopi

Sebelum mengetahui beragam manfaat dari minuman kopi, tidak ada salahnya bagi kita untuk mengetahui kandungan kopi. Mengutip dari hellosehat.com, di dalam 100 gram kopi bubuk instan ternyata mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Nutrisi tersebut antara lain; air, energi, protein, lemak, karbohidrat, abu, kalsium, fosfor, besi, natrium, kalium, tembaga, riboflavin, dan niasin.

Sementara itu, dalam laman honestdocs.id selain mengandung kafein, kopi juga memiliki beberapa kandungan yang berperan penting bagi kesehatan. Kandungan-kandungan tersebut antara lain;

  • Dicaffeoylquinic Acid: merupakan salah satu antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas.
  • Ethyphenol: berperan memberikan aroma khas pada kopi.
  • Quinic Acid: berperan dalam memberikan rasa asam pada kopi.
  • Dimethyl Disulfide: zat ini banyak dijumpai saat biji kopi masih belum dikeringkan dan disangrai.
  • Niacin: Senyawa ini sebenarnya kurang baik untuk tubuh karena bisa menyerap vitamin-vitamin dari dalam tubuh. Maka dari itu, tidak dianjurkan minum kopi terlalu banyak.
  • Acetylmethylcarbinol: zat yang memberikan rasa gurih pada lidah.
  • Trigonelline: berfungsi untuk melindungi gigi.

Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Dari beberapa kandungan kopi tersebut, maka tak heran jika kopi memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Mengutip klikdokter.com, beberapa manfaat dari kopi untuk kesehatan antara lain;

1. Terhindar risiko diabetes

Menurut teori, konsumsi kopi bisa menurunkan risiko diabetes mellitus tipe 2. Namun untuk benar-benar mendapatkan manfaat kopi ini, pastikan anda tidak terlalu banyak menggunakan gula saat minum kopi. Akan lebih baik jika gula yang digunakan merupakan gula jagung atau gula khusus untuk pencegahan diabetes.

2. Mengurangi risiko penyakit parkinson

Kafein yang ada didalam kopi ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan risiko pada orang yang mengidap parkinson. Pada penyintas penyakit parkinson, kafein berperan dalam mengontrol gerak tubuh agar lebih baik.

3. Menurunkan risiko penyakit alzheimer

Manfaat kopi lainnya yaitu bisa mencegah risiko penyakit alzheimer. Kandungan kafein di kopi ternyata bisa melindungi serta mencegah penyakit ini. Sebuah studi menyebutkan bahwa wanita usia 65 tahun ke atas yang rutin mengkonsumsi kopi memiliki risiko lebih rendah untuk mengidap demensia.

4. Meningkatkan performa saat olahraga

Kafein yang ada pada kopi ternyata bisa meningkatkan performa saat olahraga. Kafein juga bisa melancarkan peredaran darah, kekuatan otot, kebugaran, kekuatan, dan mengurangi rasa nyeri. Sehingga kopi bisa membuat olahraga akan lebih efektif.

5. Mengurangi peradangan

Manfaat kopi selanjutnya yaitu bisa mengurangi peradangan. Kandungan polifenol yang merupakan salah satu antioksidan dipercaya bisa mengurangi peradangan yang ada di tubuh. Antioksidan tersebut mampu mengurangi radang yang memicu berbagai penyakit seperti sindrom metabolik, diabetes, hingga obesitas.

Manfaat Kopi untuk Kecantikan

Selain memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kopi ternyata memiliki beragam manfaat untuk kulit dan wajah. Mengutip dari laman alodokter.com, beberapa manfaat kopi untuk kulit dan wajah sebagai berikut:

1. Mencegah penuaan dini

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang bisa melindungi kulit dari radikal bebas. Paparan radikal bebas inilah yang bisa menyebabkan penuaan dini. Selain itu, kopi juga memiliki andungan kafein yang bisa membuat kulit lebih kencang dan menghilangkan mata panda.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement