Manfaat Cuci Tangan Pakai Sabun terhadap Covid-19 hingga Diare

Dini Hariyanti
9 November 2021, 07:30
Seorang guru membimbing siswa cara mencuci tangan dengan benar pada simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di SDN 065 Cihampelas, Bandung, Jawa Barat, Senin (7/6/2021). Pemerintah Kota Bandung menggelar uji coba pembelajaran tatap muka tingkat SD-SMP nege
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.
Seorang guru membimbing siswa cara mencuci tangan dengan benar pada simulasi pembelajaran tatap muka (PTM) di SDN 065 Cihampelas, Bandung, Jawa Barat, Senin (7/6/2021).

Protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, terus digaungkan berbagai pihak sejak awal pandemi Covid-19. Tujuannya untuk meminimalisasi risiko penularan virus corona

Selain mengurangi risiko penularan Covid-19, mencuci tangan memakai sabun bisa menekan risiko terjangkit penyakit lain yang disebabkan virus atau bakteri yang menempel pada tangan. Direktur Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan Vensya Sitohang mengatakan, mencuci tangan dengan sabun merupakan cara termurah dan paling efektif untuk menghentikan penularan Covid-19. 

Selain itu, cuci tangan menggunakan sabun dapat menurunkan penyakit diare hingga 30 persen dan ISPA 20 persen. Perlu diketahui, keduanya adalah penyebab utama kematian anak balita di Indonesia. 

“Untuk menghentikan penularan Covid-19 dan mencegah wabah pada masa depan, semua orang di manapun harus melakukannya,” ujar Vensya seperti dilansir situs resmi Kemenkes. 

Dalam situasi pandemi, virus Corona bisa berada di mana saja, termasuk menempel pada benda-benda di sekitar kita. Menurut Kemenkes, penularan virus Corona juga banyak terjadi secara tidak langsung. Dari tangan yang memegang benda kemudian menyentuh mulut, hidung, dan mata. 

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...