Cara Mencuci Tangan yang Benar Agar Tetap Bersih dan Sehat

Siti Nur Aeni
28 Juli 2021, 10:46
Cara Mencuci Tangan yang Benar Agar Tetap Bersih dan Sehat
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Cara mencuci tangan yang baik dan benar

Cara mencuci tangan yang benar menjadi hal yang sangat penting. Tangan kita adalah bagian tubuh yang selalu aktif bergerak. Cuci tangan sudah seharusnya menjadi kebiasaan baik yang diterapkan di mana saja dan kapan saja, terutama seusai menyentuh benda-benda yang berpotensi untuk menularkan penyakit.

Semenjak pandemi, mencuci tangan menjadi kebiasaan baru dan rutin. Banyak orang yang semakin sadar pentingnya mencuci tangan, namun belum banyak orang yang paham cara mencuci tangan yang baik dan benar. Untuk itu, kami akan rangkumkan cara untuk mencuci tangan yang baik dan benar agar tetap bersih dan sehat. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Cara Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Untuk mencuci tangan yang benar, Anda perlu menggunakan sabun dan air mengalir. Penggunaan sabun bertujuan agar kuman yang menempel di tangan bisa mati. Air mengalir sangat diperlukan agar tangan bersih dengan sempurna. Ada beberapa cara mencuci tangan yang baik dan juga benar. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pertama, pastikan tangan dalam keadaan basah. Anda bisa mengalirkan air terlebih dahulu ke tangan sampai ke pertengahan lengan menggunakan air bersih. Boleh menggunakan air dingin ataupun hangat.
  2. Setelah tangan sudah cukup basah, Anda bisa mulai menuangkan sabun cuci tangan secukupnya. Oleskan sabun tersebut sampai menutupi seluruh permukaan kedua tangan. Saat ini sudah banyak pilihan sabun cuci tangan, carilah sabun cuci tangan yang cocok untuk tangan anda. Maksudnya yang tidak membuat tangan Anda menjadi kering atau iritasi.
  3. Setelah sabun dituangkan, Anda bisa mulai mengosok tangan dengan lembut. Gosok perlahan pada bagian telapak tangan dan punggung tangan secara bergantian.
  4. Kemudian gosok juga jari-jari tangan dan sela-sela jari hingga bersih. Jangan lupa membersihkan kuku-kuku. Anda bisa membersihkan bagian ibu jari dengan cara menggengam dan memutar ibu jari tersebut secara bergantian.
  5. Gosok tangan perlahan sampai kurang lebih 20 detik.
  6. Jika sudah, Anda bisa membilas tangan tersebut dengan air mengalih sampai benar-benar bersih dan tidak ada sabun yang tertinggal.
  7. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau tisu. Jika ada alat hand dryer, Anda bisa menggunakan alat tersebut untuk mengeringkan tangan.
Poster Satgas Cuci Tangan Pakai Sabun
Poster Satgas Cuci Tangan Pakai Sabun (Katadata)

Itulah tujuh langkah cara mencuci tangan yang benar. Tidak sulit untuk melakukan cara-cara di atas. Bagi Anda yang memiliki anak, bisa mengajarkan cara mencuci tangan tersebut dengan menggunakan lagu atau hal-hal seru lainnya.

Cara Mencuci Tangan yang Benar Menggunakan Hand Sanitizer

Perilaku hidup bersih dan sehat  (PHBS) dengan cara mencuci tangan yang baik tidak hanya menggunakan sabun dan air mengalir saja. Kita juga bisa menerapkan PHBS mencuci tangan yang benar dengan hand sanitizer atau cairan pembersih tangan. Hand sanitizer biasanya digunakan dalam keadaan tertentu, misalnya tidak ditemukan air dan sabun atau tempat cuci tangan yang memadai. Kebanyakan dari kita juga menggunakan hand sanitizer saat tengah di kendaraan umum yang tidak memungkinkan untuk mencuci tangan menggunakan air mengalir.

Walaupun terbilang lebih simpel, namun cara mencuci tangan yang baik dan benar dengan menggunakan hand sanitizer menjadi hal yang tak kalah penting untuk diketahui. Seperti sabun cuci tangan, hand sanitizer juga sudah banyak jenisnya. Walaupun sama-sama berbahan utama alkohol akan tetapi bahan tambahannya biasanya berbeda. Anda harus cermat dalam memilih produk hand sanitizer. Pastikan bahan yang terkandung di dalamnya tidak membuat kulit tangan anda iritasi atau kering.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...