Tips Mempersiapkan Anak Sebelum Vaksinasi Covid-19

Arofatin Maulina Ulfa
28 Desember 2021, 09:30
Seorang anak menangis saat menjalani vaksinasi COVID-19 di Taman Dewi Sartika, Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/12/2021). Pemerintah Kota Bandung menargetkan sebanyak 250.000 anak usia 6-11 tahun yang ada di Kota Bandung menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 g
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Seorang anak menangis saat menjalani vaksinasi Covid-19 di Taman Dewi Sartika, Bandung, Jawa Barat, Kamis (16/12/2021).

Program vaksinasi corona untuk anak usia 6 hingga 11 tahun sudah dimulai sejak 14 Desember 2021. Namun, tak sedikit anak-anak yang ragu bahkan takut saat akan divaksinasi, terutama terhadap jarum suntik.

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk meyakinkan dan menenangkan anak mereka saat akan divaksinasi Covid-19

1. Persiapkan Sesuai Usia

Jika usia anak masih 6 tahun, berikan pengertian dengan sederhana dan menggunakan nada positif. Afirmasi kepada anak tentang pentingnya vaksinasi Covid-19. Jelaskan mengapa mereka membutuhkan vaksinasi karena anak-anak pada usia ini mulai memiliki pemikiran lebih rasional.

Persiapkan waktu vaksinasi dengan memberi tahu anak sedikit lebih awal, misalnya satu atau dua hari sebelumnya. Jelaskan bahwa mereka memiliki janji dengan dokter dan kemungkinan akan mendapatkan beberapa vaksinasi. Cobalah untuk tidak berbohong pada anak terkait suntikan.

2. Mengalihkan Pikiran Anak

Alihkan perhatian anak dengan mainan atau kegiatan yang mungkin bisa meredakan ketegangan, seperti bercerita, menonton film atau gim, menyanyikan lagu, hingga menceritakan lelucon. 

Lebih baik jika mereka tidak melihat jarum suntik secara langsung. Tetap ingatkan anak-anak untuk rileks dan tidak tegang dengan sedikit tarikan nafas.

3. Selesaikan Suntikan dengan Cepat

Pastikan tenaga kesehatan untuk memberikan suntikan dengan cepat. Hal ini tidak akan memberikan anak waktu untuk merasa cemas dan tegang. Banyak kasus setelah suntikan vaksin selesai, anak-anak tidak menyadari bahwa prosesnya telah selesai. 

Ketakutan dan kecemasan mereka seringkali lebih besar mempengaruhi daripada rasa sakit akibat suntikan. Ketika melakukan vaksinasi, yang terbaik adalah menyelesaikan semuanya secepat mungkin dan kemudian menghibur anak.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...