Dirut BSI : Kami Mohon Maaf dan Sedang Berusaha Pulihkan Layanan

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
10 Mei 2023, 18:36
Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Hery Gunardi menyampaikan paparan kinerja perseroan di Kantor Pusat BSI, Jakarta, Kamis (27/4/2023). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) membukukan kinerja impresif sepanjang triwulan I/2023 dengan perole
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Direktur Utama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) Hery Gunardi menyampaikan paparan kinerja perseroan di Kantor Pusat BSI, Jakarta, Kamis (27/4/2023). PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) membukukan kinerja impresif sepanjang triwulan I/2023 dengan perolehan laba bersih mencapai Rp1,46 triliun atau tumbuh 47,65 persen secara year on year yang didorong melalui penguatan fungsi intermediasi melalui penghimpunan dana masyarakat dan penyaluran pembiayaan.

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang dialami nasabah dalam mengakses layanan BSI. Ini sekaligus menegaskan komitmen untuk menjaga keamanan dana dan data milik nasabah.

Direktur Utama BSI Hery Gunardi menuturkan, pihaknya terus melakukan proses normalisasi dengan fokus utama untuk menjaga dana dan data nasabah tetap aman. Hingga saat ini proses normalisasi layanan telah dilakukan dengan baik.

“Atas nama Bank Syariah Indonesia, kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan nasabah karena adanya kendala dalam mengakses layanan BSI pada 8 Mei 2023,” ujar Hery di Jakarta, Rabu (10/5), dalam keterangan tertulis.

Pada Selasa (9/5/2023), BSI telah berhasil melakukan normalisasi layanan pada jaringan ATM dan kantor cabang. Pada hari itu, Hery mengatakan, nasabah telah bisa melakukan transaksi di jaringan cabang dan ATM BSI yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Sementara pada Selasa malam, secara bertahap layanan BSI Mobile juga sudah dapat diakses oleh nasabah dengan fitur-fitur basic.

Kemudian pada Rabu (10/5) pukul 14.00 WIB, perseroan tengah melakukan pengawasan dan proses normalisasi transaksi. Hal ini berdampak pada sejumlah layanan BSI yang tidak bisa diakses sementara, di antaranya layanan di cabang, akses BSI Mobile maupun ATM di seluruh Indonesia. 

“Kami akan terus memberikan informasi terkini sehingga nasabah dapat bertransaksi dengan normal,” kata Hery.

Adapun terkait dengan adanya serangan siber, pada dasarnya BSI akan melakukan penelusuran atas hal tersebut. “Hal tersebut perlu pembuktian lebih lanjut melalui audit dan digital forensik. Kami terus berkoordinasi dengan berbagai pihak, baik itu regulator maupun pemerintah,” tutur Hery.

Hery pun menegaskan komitmen BSI sebagai institusi perbankan untuk terus memperkuat pertahanan dan keamanan siber, terutama demi kepentingan nasabah. 

Pihaknya juga tidak henti mengingatkan nasabah untuk terus menjaga kewaspadaan dan berhati-hati terhadap berbagai bentuk modus penipuan serta kejahatan digital yang mengatasnamakan Bank Syariah Indonesia.

“Sekali lagi kami mohon maaf atas ketidaknyaman ini dan terima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepada BSI,” pungkasnya.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...