Dua Jenis Vaksin Gotong Royong

Vaksin Sinopharm tersedia sebanyak 500 ribu dosis dari komitmen pasokan sebesar 7,5 juta dosis.
Image title
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
17 Mei 2021, 11:12

Pemerintah menargetkan vaksinasi mandiri untuk swasta atau vaksinasi Gotong Royong mulai dilakukan pada akhir Mei 2021. Hingga saat ini sudah ada dua jenis vaksin yang telah tersedia di Indonesia untuk program tersebut yakni Sinopharm dan Cansino dari Tiongkok.

Vaksin Sinopharm tersedia sebanyak 500 ribu dosis dari komitmen pasokan sebesar 7,5 juta dosis. Vaksin jenis ini mempunyai tingkat efikasi 79,4 persen dan 72,5 persen. Sedangkan pasokan vaksin Cansino sebanyak 5 juta dosis dengan tingkat efikasi sebesar 65,7 persen. Efikasi adalah persentase penurunan kejadian pada kelompok orang yang divaksinasi.

Pemerintah juga telah menetapkan harga vaksin mandiri. Menurut Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, harga yang dibanderol sebesar Rp 500 ribu per dosis. Untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan sebanyak dua kali penyuntikan maka pengusaha harus menyediakan dana Rp 1 juta rupiah bagi satu orang karyawan.

Konten cek fakta ini kerja sama Katadata dengan Google News Initiative untuk memerangi hoaks dan misinformasi vaksinasi Covid-19 di seluruh dunia.

google news initiative x katadata

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.