Tips Memakaikan Masker ke Anak

Memakai masker adalah salah satu protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.
Image title
29 November 2021, 18:52

Memakai masker adalah salah satu protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19. Hal ini menjadi penting mengingat potensi penularan dapat ditekan sampai 98,5 persen jika semua orang mau tertib memakai masker, berdasarkan data Kementerian Kesehatan.

Pemahaman semacam ini tentu akan mudah untuk diberikan kepada orang dewasa, namun belum tentu bagi anak-anak. Oleh sebab itu, selain dengan penjelasan sederhana dan pembiasaan, Satgas Covid-19 punya beberapa tips bagi orang tua untuk memakaikan masker ke anak.

Pertama, memakaikan masker dengan ukuran yang sesuai, mengingat kebanyakan masker yang dibuat untuk orang dewasa akan terlalu besar untuk anak dan malah tidak efektif memberi perlindungan.

Kedua, cari masker yang cocok untuk anak, misalnya dengan desain atau warna tertentu yang disukai anak. Ketiga, memastikan masker harus menutup area mulut, hidung, dan dagu anak tanpa ada cela. Pastikan juga agar masker tidak menghalangi pandangan anak.

Keempat, pastikan anak bisa bernapas dengan nyaman saat menggunakan masker yang sudah dipilih. Ini termasuk saat mereka berjalan cepat ataupun berbicara.

Selain itu, penting bagi orang tua untuk memperhatikan durasi pemakaian masker pada anak. Sama halnya dengan orang dewasa, gantilah masker secara berkala (dianjurkan maksimal empat jam) atau jika masker robek, basah, dan kotor. 

Jangan lupa cuci tangan sebelum dan sesudah memakai masker dan buang sampah bekas masker ke dalam tempat sampah tertutup.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.