Masyarakat Betah Pakai Gojek dan Tokopedia

Image title
Oleh Ardhia Annisa Putri - Tim Publikasi Katadata
10 Januari 2023, 18:26

Kehadiran aplikasi Gojek dan Tokopedia rupanya sangat membantu keseharian masyarakat sehingga betah menggunakan kedua aplikasi tersebut. Hal ini terbukti dari hasil survei yang dilakukan oleh Kurious, platform survei dengan basis komunitas online yang dikembangkan oleh Katadata Insight Center (KIC).

Dalam survei tersebut, sebanyak 73,2 persen responden menyatakan akan terus menggunakan aplikasi Gojek hingga lebih dari 2 tahun ke depan. Begitu pula dengan aplikasi Tokopedia, sebanyak 72,4 persen responden akan menggunakan Tokopedia hingga lebih dari 2 tahun ke depan.

Selanjutnya, sebanyak 11,3 persen dan 12,9 persen responden akan menggunakan aplikasi Gojek dalam kurun waktu 1 tahun dan 2 tahun ke depan. Senada dengan Gojek, sebanyak 11 persen dan 13,5 persen responden juga menyatakan akan menggunakan aplikasi Tokopedia dalam kurun waktu 1 tahun dan 2 tahun ke depan.

Terkait alasan mengapa responden betah menggunakan aplikasi Gojek dan Tokopedia, sebanyak 41,5 persen dan 38 persen responden sangat setuju jika aplikasi Gojek dan Tokopedia mudah digunakan. Selain itu, sebanyak 37,4 persen responden sangat setuju jika aplikasi Gojek sesuai dengan mereka. Sebanyak 31,8 persen responden menyukai aplikasi Tokopedia karena memberikan banyak promo.

Survei mengenai penggunaan Gojek dan Tokopedia ini dilakukan terhadap 697 orang responden pada 9-21 Desember 2022. Menggunakan metode pengumpulan data CAWI (web interview) dengan margin of error 3,7 persen dan confidence level sebesar 95 persen.

 

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.