Tiga Vaksin Covid-19 Asal Tiongkok Belum Lolos Uji Klinis

Meski memiliki izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA), tapi tiga vaksi yang akan didatangkan pemerintah belum lolos uji klinis tahap akhir.
Andrea Lidwina
20 Oktober 2020, 14:10

Pemerintah akan mendatangkan tiga vaksin Covid-19 dari Tiongkok mulai November 2020. Meski memiliki izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA), tapi ketiganya belum lolos uji klinis tahap akhir.

Vaksin produksi Sinovac misalnya, masih melakukan uji klinis fase III terhadap 1.620 partisipan. Hasil awal tes tersebut diperkirakan baru keluar pada Januari 2021. Meski begitu, Sinovac siap mengirimkan 1,5 juta dosis vaksin masing-masing pada November dan Desember tahun ini.

Kemudian vaksi produksi Sinopharm/G42 yang merupakan hasil kerja sama antara Tiongkok dan Uni Emirat Arab. Vaksin ini juga masih dalam uji klinis fase III dengan 45 ribu partisipan. Hasil awalnya pun akan dirilis pada Maret 2021. Pengembang vaksin ini menyanggupi pengiriman 15 juta dosis vaksin hingga akhir 2020.

CanSino pun tengah dalam proses uji klinis fase III dengan 40 ribu partisipan. Berbeda dengan dua sebelumnya, pengembang vaksin ini memprediksi hasil awal uji klinis baru diperoleh pada Desember 2021. Meski begitu, sebanyak 100 ribu dosis vaksin CanSino akan dikirimkan bulan depan.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan