Dilema Memagari Corona Saat Cuti Bersama

Jika masyarakat semakin lengah menjalankan protokol kesehatan seperti yang ditunjukkan dalam tiga periode libur panjang, kasus penularan akan meningkat.
Image title
7 Desember 2020, 10:33

Pemerintah mengantisipasi penyebaran Covid-19 saat libur akhir tahun dengan memangkas cuti bersama. Namun, strategi itu saja tak cukup untuk mencegah klaster baru penularan virus corona.

Persoalannya, kebijakan itu tak dibarengi pembatasan mobilitas masyarakat. Selain itu, sejumlah perusahaan maskapai hingga online travel agent (OTA) justru berlomba-lomba memberikan diskon yang cukup besar pada momentum Natal dan tahun baru mendatang.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, liburan panjang merupakan momentum pemicu utama penurunan kepatuhan protokol kesehatan.

“Jika masyarakat semakin lengah menjalankan protokol kesehatan seperti yang ditunjukkan dalam tiga periode libur panjang, kasus penularan akan meningkat," ujarnya.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan