Covid-19 Akan Jadi Seperti Flu

Virus corona akan menjadi endemik yang berarti akan terus ada dan menginfeksi manusia. Tetap mematuhi protokol kesehatan merupakan langkah utama untuk mencegah penularan.
Image title
Oleh Yosepha Pusparisa
10 Maret 2021, 07:36

Sejumlah peneliti memprediksi virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 akan menjadi endemik. Itu berarti virus akan tetap menginfeksi seperti penyakit musiman lainnya. Namun tingkat keparahan virus akan berkurang, seperti yang terjadi pada flu dan demam.

“Saya rasa Covid-19 akan musnah dari beberapa negara, tapi dengan risiko keberlanjutan (dan mungkin musiman) dari tempat-tempat di mana vaksin dan fasilitas kesehatan tak mampu menjangkau seluruh daerah,” ujar epidemiologi di University of Oxford, Inggris, Christopher Dye, seperti dikutip dari Nature.

Virus SARS-CoV-2 menjadi endemik ditengarai vaksin yang tidak efektif mematikan virus. Apalagi ketika virus mengalami banyak mutasi, sehingga efektivitas vaksin pun dapat menurun. Distribusi vaksin yang tak merata juga mendukung virus tak dapat sepenuhnya diberantas. Selain itu, sistem kekebalan tubuh manusia yang menurun dan hewan liar yang menjadi inang virus menambah potensi virus jadi endemik.

Ketika virus SARS-CoV-2 menjadi endemik, masyarakat perlu bersiap untuk berdamai dengan virus tersebut. Vaksin perlu diperbarui untuk menyesuaikan dengan mutasi virus. Selain itu, akses terhadap tes Covid-19 akan menjadi hal umum, sehingga biayanya akan relatif lebih murah. Potensi terkena reinfeksi (infeksi berulang) pun memungkinkan terjadi, sehingga protokol kesehatan tetap perlu dipatuhi.

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan