10 Startup Pengumpul Dana Terbesar 2021

Total terdapat 191 pendanaan senilai Rp 58,2 triliun untuk startup di Indonesia per November 2021. GoTo merupakan perusahaan penerima investasi terbesar.
Dwi Hadya Jayani
24 Januari 2022, 13:07

Pandemi Covid-19 tak mengurangi investasi di perusahaan-perusahaan teknologi rintisan (startup) di Indonesia. Hingga November 2021, Daily Social Annual Report melaporkan terdapat 191 pendanaan senilai US$ 4,1 miliar atau sekitar Rp 58,2 triliun.

Investasi terbesar diraih GoTo, yakni perusahaan hasil merger dua unicorn, Gojek dan Tokopedia. GoTo mendapatkan pendanaan sebesar US$ 1,3 miliar. Angka ini setara dengan 31,7% dari total pendanaan startup Indonesia.

Pendanaan tersebut digunakan GoTo untuk mengembangkan ekosistem, memperkuat posisi sebagai pemimpin pasar digital Asia Tenggara, dan meningkatkan kinerja layanan.

“Ini termasuk fokus berkelanjutan dalam menumbuhkan jumlah pelanggan, perluasan jasa pembayaran dan penawaran layanan keuangan,” kata CEO Grup GoTo Andre Soelistyo seperti dikutip Katadata.co.id Kamis, 11 November 2021.

Nominal yang diperoleh GoTo juga cukup timpang dengan startup lainnya. Ajaib, startup dengan pendanaan tertinggi kedua, mendapatkan suntikan sebesar US$ 243 juta. Pendanaan ini sebesar 5,9% dari total pendanaan Indonesia. Kemudian Kredivo berada di posisi ketiga dengan nilai pendanaan sebesar US$ 225 juta atau 5,5% dari total pendanaan.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.