Segudang Bisnis Baim Wong dan Paula Verhoeven

Tiger Wong Entertainment adalah lini usaha terbesar milik Baim Wong dan Paula Verhoeven yang diklaim memiliki valuasi hingga Rp 1,5 triliun.
Vika Azkiya Dihni
30 Juli 2022, 08:15

Muhammad Ibrahim atau yang dikenal dengan nama Baim Wong bersama istrinya Paula Verhoeven belakangan menjadi pembicaraan publik. Mereka sempat mendaftarkan merek Citayam Fashion Week (CFW) sebagai hak kekayaan intelektual (HaKI) untuk perusahaan mereka, PT Tiger Wong Entertainment pada 22 Juli 2022.

Melalui akun YouTubenya, Baim Wong mengatakan niatnya mendaftarkan merek CFW demi membawa ajang kreatif itu ke ranah yang lebih megah, legal dan tidak musiman. Namun, langkah yang dilakukannya banyak menuai polemik.

Banyak warganet menduga Baim Wong memanfaatkan viralnya CFW untuk keuntungan pribadi. Dia akhirnya mencabut pendaftaran HaKI CFW dengan alasan ingin mengembalikan kepada yang berhak.

“Kami mau lepaskan, karena menurut saya tidak mau seperti ini, tidak ada niatan kami (untuk menguasai Citayam Fashion Week),” kata Baim, Kamis 28 Juli 2022.

Setelah jadi perbincangan hangat, kekayaan Baim Wong pun turut menjadi sorotan. Aktor sekaligus YouTuber itu juga dikenal banyak menggeluti berbagai bisnis.

PT Tiger Wong Entertainment merupakan production house yang didirikan Baim Wong dan Paula yang menjadi induk dari lini bisnis mereka di segmen hiburan. Bisnis yang didirikan pada 2020 itu mengalami perkembangan yang sangat pesat. Valuasinya disebut mencapai angka yang cukup fantastis, yakni diklaim mencapai Rp 1,5 triliun.

Pada April 2022, PT Tiger Wong Entertainment mendapatkan suntikan dana dari Adhya Group milik Ricky Wijaya. Adhya Group bergerak di sektor bisnis, properti dan hospitality, F&B, serta industri hiburan, kreatif, dan media.

Tiger Wong  juga yang mengelola akun YouTube Baim Paula. Hingga saat ini, akun tersebut memiliki 20,8 juta subscriber dengan jumlah ditonton sebanyak 4,2 miliar kali dari 1.943 video. 

Mengutip Socialblade, penghasilan Baim Wong dari YouTubenya per bulan berada di kisaran Rp170 juta hingga Rp2,7 miliar.

Selain itu, salah satu yang juga menjadi bagian dari PT Tiger Wong Entertainment adalah serial animasi Kiano Lalala yang bekerja sama dengan Lumine Studio. Serial yang berisi nyanyian lagu anak-anak tersebut telah tayang sejak 1 April 2022 di kanal YouTube Kiano La La La.

Tak hanya bisnis digital, Baim wong dan Paula juga memiliki segudang bisnis kuliner alias makanan, seperti kedai Bakmi Wong, produk mentega Johny Wong Butter, restoran seafood hasil kolaborasi dengan Bara Group bernama Wong Bara.

Ada pula Quinno Gelatto Cakes, Ayam Gebug Bapao, Donuthing, Bakpia Wong Jogja, Pia Kukus Kacang Susu “Pikkacu”, Wong Potato, Goklat Indonesia, Sate Maranggi Tapak Sakti, hingga Pusat oleh-oleh The Keranjang Bali.

Belum cukup hanya di bidang kuliner, Baim Wong pun memiliki unit usaha lainnya seperti penjualan liquid vape dan berbagai merchandise Tiger Wong bernama Tiger Wong Worldwide.

Selain itu, Baim Wong juga memiliki bisnis di bidang fashion tradisional, yaitu batik yang diberi nama Batik Wong Jogja. Usahanya itu juga banyak menjual berbagai oleh-oleh khas Jogja seperti pakaian dan aksesoris.

Seperti kebanyakan artis Indonesia, Baim Wong dan Paula memanfaatkan media sosial seperti instagram untuk mempromosikan berbagai produk dari bisnis mereka maupun produk orang lain atau endorsement. Instagram Baim Wong hingga kini memiliki 17,7 juta pengikut, sementara Paula memiliki 5,8 juta pengikut.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.