Monitoring dan Hiburan Bisa Menjaga Kesehatan Jiwa Selama Pandemi

Dini Hariyanti
7 Maret 2021, 09:00
Mural bergambar petugas kesehatan terlihat di dinding Rumah Sakit Darurat Kota, ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Lviv, Ukraina, Minggu (21/6/2020).
ANTARA FOTO/REUTERS/Pavlo Palamarchuk/hp/dj
Ilustrasi. Mural bergambar petugas kesehatan terlihat di dinding Rumah Sakit Darurat Kota, ditengah wabah penyakit virus corona (COVID-19) di Lviv, Ukraina, Minggu (21/6/2020).

Masa pandemi merupakan masa yang penuh dengan ketidakpastian. Begitu banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan, tetapi lingkungan keluarga yang kondusif dapat memberi penghiburan kepada seorang individu.

Di dalam ulasan soal kesehatan jiwa (keswa) keluarga yang dirilis Satgas Penanganan Covid-19 diketahui, setidaknya ada enam dampak pandemi terhadap keswa di lingkungan keluarga. Mulai dari bosan karena ruang gerak terbatas, cemas dan stres, ketakutan akan penyakit, kebingungan akibat banyaknya informasi, stigma sosial, serta perubahan pola komunikasi.

Data dari Satgas Bidang Perubahan Perilaku menunjukkan adanya peningkatan prevalensi gangguan jiwa di tengah masyarakat dari 11,6 persen sebelum pandemi menjadi 57,6 persen setelah pandemi.

Maka dari itu, harus ada upaya preventif dan sarana pendukung kesehatan mental untuk membentuk jiwa yang sehat selama pandemi. Juga, mempercepat kesembuhan pasien Corona.

Salah satunya yang dilakukan oleh Rumah Sakit Lapasangan Indrapura Surabaya. Rumah sakit itu memiliki konsep monitoring cepat pada semua pasien yang dilakukan setiap hari secara berkala, yakni pagi, siang, sore dan malam hari.

Laksama Pertama TNI, dr I Dewa Gede Nalendra, kepala RS Lapangan Indrapura Surabaya, mengatakan hasil monitoring pasien Covid-19 ini lantas dievaluasi satu per satu dan akan dilaporkan pada pagi harinya.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...