Pandemi Belum Usai, Olimpiade Tokyo Tanpa Penonton dari Luar Jepang

Image title
21 Maret 2021, 10:04
OLYMPICS-2020/RELAY
ANTARA FOTO/REUTERS/Issei Kato/WSJ/dj

Penonton dari luar Jepang dilarang untuk menyaksikan Olimpiade Tokyo yang akan digelar empat bulan lagi. Keputusan itu diambil setelah Komite Olimpiade Internasional (IOC) menggelar rapat secara daring dengan pemerintah Jepang, pemerintah kota Tokyo, Komite Paralimpik Internasional dan panitia lokal.

Isu tentang dilarangnya penonton dari luar Jepang menyaksikan secara langsung Olimpiade Tokyo sudah beredar dalam beberapa bulan terakhir. Alasannya, risiko yang diambil terlalu besar apabila Jepang mengizinkan penonton dari luar negeri datang ke Negeri Matahari Terbit  tersebut.

Advertisement

Jepang menyumbang 8.800 kematian di masa pandemi Covid-19. Namun, Jepang adalah salah satu negara yang bisa mengontrol penyebaran virus Covid-19 dengan baik dibandingkan negara lain.

“Untuk memberikan kepastian kepada pemegang tiket di luar negeri dan memudahkan mereka untuk mengatur ulang jadwal bepergian, sejumlah pihak di Jepanng sudah mengambil keputusan bahwa mereka tidak bisa masuk ke Jepang untuk menyaksikan Olimpiade dan Paralimpik,” demikian keterangan tertulis dari panitia Olimpiade Tokyo, seperti dilansir dari laman USAToday, Sabtu (20/3/2021).

CEO Tokyo 2020 Toshiro Muto mengatakan, 600 ribu pemegang tiket dari luar negeri akan mendapatkan kembali uang mereka. Namun, panitia tidak akan memberikan secara rinci berapa banyak dana yang harus disiapkan untuk pengembalian tiket.

Olimpiade Tokyo seharusnya digelar pada 2020. Namun, pandemi membuat pesta olahraga terbesar di dunia itu diundur satu tahun. Meski digelar pada 2021, namun penyebutan ajang tersebut tetap Olimpiade Tokyo 2020.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement