Alat Tes Covid-19 Baru Lewat Pemeriksaan Ludah

Kepraktisan tes ini karena hanya menggunakan container steril dan tidak memerlukan tenaga kesehatan dengan pelatihan khusus swab.
Image title
21 Maret 2021, 10:12
RATUSAN SISWA SMPN 10 PADANG DITES COVID-19
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/wsj.

PT Kalbe Farma (Kalbe) menghadirkan alternatif alat tes deteksi virus Covid-19 baru dengan sampel saliva alias air liur dengan metode RT LAMP (Reverse Transciption Loop Mediated Isothermal Amplification). Dengan alat dan metode tes baru ini dinilai lebih nyaman dan praktis.

“Sampel saliva tidak membutuhkan alat khusus dan tidak menimbulkan risiko muntah ataupun hidung sensitif, hal ini memudahkan bagi anak-anak, orang yang hipersensitif dan merupakan pilihan tepat saat beribadah puasa yang akan segera menjelang,” kata IVD Divison Research Manager Stem Cell and Cancer Institute Akterono D Budiyati mengutip Antara, Minggu (21/03)

Kepraktisan tes ini karena hanya menggunakan container steril dan tidak memerlukan tenaga kesehatan dengan pelatihan khusus swab. Nantinya pengerjaan di laboratorium menggunakan metode molekuler dengan peralatan sederhana yang umum tersedia.

Teknisnya, pengambilan sampel dilakukan dengan pasien meludah ke wadah yang disediakan dan stabil pada suhu ruangan. Dengan cara ini, risiko penularan dinilai lebih kecil. Informasi tambahan karena menggunakan air liur sebagai sampel, disarankan pasien puasa sekitar 30 menit sebelum pengetesan agar hasilnya lebih akurat nantinya.

Advertisement

Tes LAMP Saliva ini mendeteksi secara spesifik asam nukleat yang merupakan material genetik virus SARS-CoV-2. Klasifikasinya masuk dalam tes molecular dalam kategori NAAT (Nucleic Acid Amplification Test) sama seperi RT-PCR dan TCM.

Tes LAMP Saliva disebut memiliki performa akurasi yang tinggi dengan sensitivitas 94 persen dan spesifitas 98 persen. Dibanding dengan RT-PCR yang hasil tesnya pun bisa didapatkan lebih cepat, kurang dari 2 jam.

“Tes pemeriksaan LAMP Saliva ini akan sangat bermanfaat bagi percepatan penanggulangan pandemi Covid-19, membantu pemerintah membuka akses lebih luas lagi karena mampu menjangkau masyarakat yang tinggal di daerah-daerah minim infrastruktur laboratorium pemeriksaan Covid-19,” ujar Presiden Komisaris PT Kalbe Farma, Irawati Setiady menambahkan.

Alat ini pun sudah mulai bisa digunakan karena sudah mendapat izin edar dari Kementerian Kesehatan. Layanan pemeriksaan bisa didapatkan di Laboratorium Kalbe Farma dengan nama InnoLAMP. Tarif tes LAMP Saliva yang telah diumumkan seharga Rp 488 ribu.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait