Panduan Pedoman Pencegahan Covid-19 WHO: Hindari 3C

Pedoman terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) imbau agar orang menghindari kontak dengan orang lain di ruangan tertutup, ramai dan saling berdekatan.
Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
21 Februari 2021, 07:41

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperbaharui pedoman pencegahan Covid-19. Berdasarkan informasi dari situs resmi mereka per Selasa (16/2) terdapat beberapa imbauan untuk membuat lingkungan lebih aman dari penularan virus Corona.

Salah satunya adalah imbauan untuk menghindari 3C, yakni ruangan yang tertutup (closed), ramai (crowded), atau melibatkan kontak jarak dekat (close contact). WHO menyebutkan tempat seperti restoran, tempat latihan paduan suara, kelas kebugaran, klub malam, kantor, dan tempat ibadah banyak dilaporkan terjadi transmisi virus.

Tempat-tempat tersebut punya kecenderungan untuk mengumpulkan banyak orang dalam ruangan tertutup, dan kemudian mereka berbicara dengan keras, berteriak, bernapas berat, atau menyanyi. Aktivitas-aktivitas tersebut berpotensi menyebarkan droplet yang bisa berimbas pada penularan virus.

Lebih lanjut mereka menjelaskan risiko penularan Covid-19 lebih tinggi di ruangan ramai dan tidak memiliki ventilasi yang layak, ditambah lagi kalau ada orang dengan virus menghabiskan waktu yang lama dalam jarak dekat.

Oleh sebab itu, WHO juga mengimbau upayakan bertemu dengan orang lain di ruangan terbuka atau luar ruangan. Jika terpaksa pertemuan dilakukan di dalam ruangan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka jendela untuk memberi ventilasi yang baik. Tidak lupa juga untuk selalu memakai masker.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.