Arcandra Ungkap Enam Sebab PLTS Sulit Berkembang di Indonesia

Anggita Rezki Amelia
1 Februari 2018, 16:11
Surya EBT
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Teknisi melakukan perawatan instalasi panel listrik tenaga surya di Hotel Wujil, Ungaran, Jawa Tengah, Rabu (30/10/2016)

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyoroti sejumlah faktor yang menjadi kendala pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Indonesia. Salah satunya adalah permasalahan lahan.

Untuk membangun PLTS, ada kendala untuk membebaskan lahan. Apalagi di kota seperti Jakarta, sangat sulit mendapatkan lahan gratis membangun PLTS. Ini berbeda dengan Uni Emirat Arab yang memberikan lahan secara gratis untuk investor dalam mengembangkan tenaga surya.

Permasalahan kedua adalah kualitas sinar matahari di Indonesia yang tidak sebesar negara Arab. Arcandra mengatakan kapasitas faktor listrik dari energi surya di Indonesia rata -rata sebesar 18%, sementara di negara negara Arab bisa mencapai 24%. Kapasitas faktor sendiri adalah perbandingan antara jumlah produksi listrik selama periode operasi terhadap jumlah produksi terpasang selama periode tertentu.

Ketiga, tingkat bunga pinjaman (interest rate) bagi investor untuk pengembangan energi terbarukan di Indonesia lebih tinggi dibandingkan negara Arab. Bunga pinjaman di Indonesia masih sekitar 10-11% sementara di negara Arab bisa di bawah 2%.

Keempat, masalah perpajakan. Jika di negara Arab, investor tidak dibebankan pajak, di Indonesia, dikenai pajak penghasilan sekitar 25%.

Kelima, PLTS Indonesia saat ini yang masih memakai sistem manual dalam pengoperasiannya. Jadi, jika sinar matahari tertutup awan, sistem listrik akan terputus. Untuk menangani hal ini dibutuhkan sistem listrik smart grid.

Smart grid adalah jaringan listrik pintar yang mampu mengintegrasikan aksi-aksi atau kegiatan dari semua pengguna. "Kami belum punya smart grid, jadi sistem sekarang diatur secara manual, maka kalau istilah PLN itu sistem bisa demam, tiba tiba misalnya ada PLTS 200 MW ketutup awan, maka listriknya bisa mati," kata Arcandra dalam orasi ilmiah di Uiversitas Pertamina, Jakarta, Kamis (1/2).

Halaman:
Reporter: Anggita Rezki Amelia
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...