Namanya Tercemar, Sudirman Said Laporkan Mantan Dirjen Minerba

Arnold Sirait
7 Maret 2016, 12:18
No image
Menteri ESDM Sudirman Said

KATADATA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said tampaknya mulai gerah dengan para pihak yang dianggap telah mengganggu kinerjanya. Salah satu langkahnya adalah melaporkan mantan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Simon Felix Sembiring ke kepolisian.

Kepala Biro Hukum Kementerian ESDM Hufron Asrofi mengatakan, tim kuasa hukum Menteri ESDM melaporkan Simon Felix Sembiring atas tuduhan pencemaran nama baik Menteri ESDM dan kementeriannya. Kejadian ini sebenarnya bermula dari pernyataan Simon di salah satu media massa yang menyebut Sudirman Said hanya boneka dan ada kekuatan yang menggerakkannya. Hal ini terkait dengan kebijakan Sudirman memberikan izin ekspor kepada PT Freeport Indonesia pada Februari lalu.

Advertisement

(Baca: Dapatkan Izin Ekspor, Freeport Tidak Harus Setor Uang Tunai)

Menanggapi pernyataan tersebut, Kementerian ESDM sebenarnya sudah mengirimkan surat teguran terhadap media massa yang memuat pemberitaan itu. Dalam surat tersebut, Kementerian ESDM juga mengancam akan meneruskan masalah ini ke penegak hukum jika tidak ada pernyataan. Akhirnya media itu memuat materi somasi yang dilayangkan Kementerian Energi dan meminta maaf.

Berbeda dengan media yang memuat pemberitaan tersebut, Simon selaku yang membuat pernyataan ternyata tidak juga meminta maaf kepada Kementerian ESDM. Padahal, menurut Hufron, pihaknya sudah melayangkan surat somasi kepada Simon Felix Sembiring. Sebaliknya, Simon malah mempertanyakan alasan somasi dan kedudukan kuasa hukum. Atas dasar itulah akhirnya Sudirman dan Kementerian ESDM melaporkan Simon ke Polda Metro Jaya, Jumat lalu (4/3). “SFS sudah kami beritahu juga, semoga SFS menyadari dan minta maaf,” kata Hufron kepada Katadata.

Simon Sembiring mengaku sudah mendapat kabar mengenai perosalam tersebut dari Kementerian ESDM pada Sabtu pekan lalu (5/3). Ia pun siap menghadapi gugatan tersebut. "Ini negara hukum dan demokrasi. Saya tidak merasa melakukan apa yang dituduhkan Sudirman Said," kata dia kepada Katadata, Senin (7/3). 

Halaman:
Reporter: Arnold Sirait
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement