Indonesia, Target Pasar Utama Facebook

Indonesia merupakan negara ke4 pengguna Facebook terbanyak yaitu mencapai 54 juta pengguna atau 21 persen dari total populasi
Image title
Oleh
19 Juni 2015, 15:42

KATADATA ? Facebook menjadi media sosial dengan pengguna aktif terbanyak di dunia. Jumlahnya mencapai 1,44 miliar orang pada kuartal I 2015, meningkat 13 persen dibanding tahun sebelumnya. 

Indonesia merupakan salah satu pasar empuk bagi Facebook. Dari 72,7 juta orang pengguna aktif internet di Indonesia, 54 juta di antaranya pengguna aktif Facebook. Sehingga, Indonesia menjadi negara ke-4 dengan pengguna Facebook terbanyak.

Banyaknya pengguna Facebook tak lepas dari strategi yang dijalankan perusahaan itu. CEO Facebook Mark Zuckerberg terus berupaya untuk menggalang pengguna baru. Salah satunya dengan mengeluarkan aplikasi Facebook untuk negara-negara berkembang yang berkoneksi internet lambat di wilayah Asia, Afrika, Amerika Latin dan Eropa.

Selain itu, ada pula internet.org dimana Facebook memberikan akses gratis bagi penggunanya. Layanan ini sudah bisa diakses di Indonesia. ?Kami mendukung netralitas berinternet yang menjamin operator penyedia jaringan tidak membatasi akses atas layanan yang ingin digunakan pelanggan. Ini sangat penting bagi keterbukaan internet?, ujarnya.

Dalam laporan keuangan yang dipublikasi di laman resminya, Facebook berhasil meningkatkan pendapatan tahunan sebesar 58 persen dari US$ 7,9 miliar pada 2013 menjadi US$ 12,5 miliar pada 2014. Sedangkan untuk pendapatan bersih per kuartal 1 2015, laba Facebook naik 41,6 persen dari US$ 2,5 miliar pada 2014 menjadi US$ 3,54 miliar atau setara dengan Rp 46 triliun.

 

Reporter: Leafy Anjangi
Editor: Arsip