Internet Lemot, Indonesia Jauh tertinggal

Di kawasan Asia Pasifik kecepatan akses internet Indonesia berada di peringkat empat terbawah
Image title
Oleh
10 September 2014, 18:06

KATADATA ? Di kawasan Asia Pasifik, kecepatan akses internet Indonesia berada di peringkat empat terbawah. Dengan kecepatan rata ? rata mencapai 2,4 Mbps dan 19.4 Mbps pada saat beban puncak. Kecepatan tersebut jauh berada di bawah kecepatan rata ? rata akses internet dunia yang mencapai 3.9 Mbps dan 21.2 Mbps pada saat beban puncak.

Tiga kota besar di Indonesia yang memiliki kecepatan akses data tercepat adalah DKI Jakarta, Depok dan Tangerang. Sementara Lumajang, Bengkulu dan Trenggalek adalah kota yang mendapat kecepatan akses terendah di Indonesia.

Sejak 2012, negara yang menduduki peringkat pertama di dunia dalam hal akses internet tercepat adalah Korea Selatan. Pembangunan infrastruktur jaringan internet menjadi program pemerintah sejak tahun 90-an, yaitu dengan diberikan subsidi harga akses internet untuk warga berpendapatan rendah dan warga yang belum tersentuh koneksi internet. Sehingga penetrasi internet di Korea Selatan telah mencapai 85% dari total penduduk keseluruhan. Sementara penetrasi internet di Indonesia baru mencapai 22% dengan jumlah populasi pengguna sekitar 55 juta jiwa.

Kepala Humas Kemenkominfo Gatot S Dewa Broto menanggapi lambatnya pembangunan jaringan internet di Indonesia disebabkan wilayah Indonesia yang luas. Pembangunan infrastruktur jaringan internet baru mulai dilakukan tahun 2009. Walau begitu saat ini Indonesia sudah memiliki true broadband, Palapa ring dan BWA (Broadband Wireless Access) guna menambah kecepatan akses internet kedepan. 

Reporter: Leafy Anjangi
Editor: Arsip
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.