Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Pranowo Unggul di Jawa Timur

Image title
16 Maret 2022, 16:53
Yunarto Wijaya selaku Direktur Eksekutif Charta Politika memberikan paparan dalam acara CEO Talks mengenai "Economic and Political Outlook 2020" ddi Hotel Raffles, Jakarta (26/11/2019).
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Yunarto Wijaya selaku Direktur Eksekutif Charta Politika memberikan paparan dalam acara CEO Talks mengenai "Economic and Political Outlook 2020" ddi Hotel Raffles, Jakarta (26/11/2019).

Hasil survei lembaga Charta Politika di Provinsi Jawa Timur menunjukkan elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, unggul jauh dari beberapa nama lain sebagai kandidat calon presiden, jika Pemilu digelar saat ini. Di bawah Ganjar terdapat nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Survei Preferensi Sosial dan Politik Masyarakat Provinsi Jawa Timur ini dilakukan pada 3 – 9 Februari 2022 kepada 1210 responden. Penelitian ini menggunakan multistage random sampling dengan metode wawancara tatap muka. Margin of error diperkirakan sekitar 2.82%.

Dalam simulasi 10 nama calon presiden yang diajukan Charta Politika, Ganjar terlihat unggul sekitar 8,5% dibandingkan posisi kedua yang ditempati Prabowo. "Untuk simulasi elektabilitas calon presiden di Jawa Timur, Ganjar Pranowo masih unggul dibandingkan dengan nama lain seperti Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan," jelas Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya, dalam laporannya, Rabu (16/3).

Dalam penelitian terlihat Ganjar mendapatkan dukungan 24,9% responden. Kemudian, Prabowo memiliki elektabilitas 16,4%, Anies dengan 15,1% responden, lalu menyusul Khofifah di posisi keempat dengan keterpilihan 13,1%.

Setelah Khofifah secara berurutan terdapat beberapa nama politisi dengan elektabilitasnya di bawah 5%. Mereka adalah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani dengan elektabilitas 4%, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (2,3%), dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (1,7%).

Kemudian terdapat tiga nama yang sama-sama memperoleh 1,2% dukungan responden, yakni Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, dan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...