Kepala Otorita Gandeng Kejaksaan Kawal Investasi IKN

Image title
17 Maret 2022, 12:08
Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Badan Otorita IKN Dhony Rahajoe di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3). Foto: Antara
Antara
Kepala Badan Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil Kepala Badan Otorita IKN Dhony Rahajoe di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3). Foto: Antara

Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Bambang Susantono mendatangi Gedung Kejaksaan Agung pagi ini Kamis (17/3). Bambang menemui Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, untuk berkoordinasi dan konsultasi terkait pengawasan terhadap investasi untuk pembangunan IKN. 

Koordinasi dilakukan karena pemerintah sedang menggodok struktur organisasi IKN, untuk mengawal tata kelola pembangunan IKN. 

Para Jaksa Agung Muda nantinya akan tergabung dalam Tim Transisi, yang saat ini sedang disusun Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg). Di dalam tim tersebut, juga akan melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan beberapa kementerian lain yang memiliki program cukup dominan dalam proyek IKN.

"Jadi akan segera dalam waktu dekat ini, kita langsung berkolaborasi di lapangan dan juga melakukan konsultasi-konsultasi aktif," ujar Bambang di Gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (17/3).

Menurut Bambang, otorita IKN menekankan aspek Environment, Social dan Governance (ESG) dalam rangka membangun IKN. Environment berarti lingkungan hidup dan perubahan iklim, Social mengenai sosial kemasyarakatan, dan Governance adalah tata kelola yang baik.

Ketiga aspek tersebut dikatakan Bambang akan mempermulus masuknya investasi swasta terhadap IKN.

"Karena memang kalau kita ingin mengundang investasi maka sekarang yang di dunia ini investor-investor besar itu sangat menekankan tiga aspek istilahnya ESG," ujar Bambang.

Bambang berharap keterlibatan Kejaksaan Agung dapat turut membantu terbentuknya tata kelola yang baik, agar ke depannya pembangunan dapat dilakukan secara cepat, tetapi tetap dalam koridor hukum yang berlaku.

Halaman:
Reporter: Nuhansa Mikrefin
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...