KTT ASEAN - AS Sepakat 5 Poin, Pacu Kendaraan Listrik & Energi Bersih

Aryo Widhy Wicaksono
14 Mei 2022, 15:27
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Youtube/Sekretariat Presiden

Pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi antara negara-negara ASEAN dengan Amerika Serikat (AS) menghasilkan Joint Vision Statement atau pernyataan visi bersama.

Sebagai koordinator dalam pertemuan ini, Indonesia memimpin proses perundingan Joint Vision Statement ini. Terdapat lima poin komitmen peningkatan kerja sama pada berbagai sektor strategis.

Advertisement

"Secara prinsip disepakati peningkatan kemitraan dari strategis menjadi strategis komprehensif," jelas Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, dalam keterangan pers terkait KTT ASEAN-AS di Washington DC, Jumat (13/5) waktu setempat.

Mengenai pembahasan lebih rinci mengenai kemitraan ini, para pihak sepakat untuk melanjutkan prosesnya dan direncakanan akan meluncur pada KTT ASEAN-AS yang digelar November 2022 mendatang.

Rento menjelaskan, pada poin pertama kedua pihak sepakat untuk memperkuat kerja sama pemulihan pandemi dan keamanan kesehatan untuk memperkuat ketahanan kesehatan kawasan.

"Melalui program ASEAN-US Health Future Initiatif, dan AS mendukung ASEAN menguatkan kapasitas manufaktur berkelanjutan untuk produk medis esential," ungkap Retno.

Selain itu, komitmen untuk meningkatkan kerja sama pada bidang ekonomi dan konektivitas. Hal ini untuk memfasilitasi penguatan rantai pasok dan konektivitas kawasan dalam menyediakan peralatan medis, obat-obatan, vaksin, serta komoditas pertanian.

Simak data mengenai kasus aktif Covid-19 di Asia Tenggara.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement