Di Ende, Jokowi Temukan Inspirasi Bung Karno Rumuskan Pancasila

Aryo Widhy Wicaksono
1 Juni 2022, 09:07
Presiden Joko Widodo
ANTARA FOTO/HO-Biro Pers Setpres/tom.
Presiden Joko Widodo

Presiden Joko Widodo mendapatkan gelar adat Mosolaki Ulu Beu Eko Bewa Ulu Rembe Eko Mapa, dari masyarakat Ende, Nusa Tenggara Timur. Gelar ini berarti pemimpin wilayah Indonesia.

Jokowi pun memberikan apresiasi kepada masyarakat Ende, karena telah menerima keluarga dan rombongan Presiden dengan penuh kehangatan.

Semangat dan penerimaan masyarakat Ende yang diterima Presiden, turut membuat Jokowi menyadari latar belakang dan inspirasi pendorong bagi Presiden pertama RI, Soekarno, untuk melahirkan pemikiran dan renungan mengenai Pancasila.

"Renungan-renungan mengenai Pancasila dimulai dari sini, Ende, karena saya merasa beliau berada dalam sebuah kehangatan masyarakat yang selalu dekat dengan pemimpinnya," jelas Presiden Jokowi usai menerima gelar adat, seperti disiarkan melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (1/6).

Sepanjang upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2022, Presiden mengenakan pakaian adat Ende Ragi Lambu-Luka Lesu, dengan memakai penutup kepala.

Sebagai komandan upacara adalah Kolonel Inf. Tunjung Setyabudi, yang saat ini menjabat sebagai Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana. Kemudian Ketua MPR Bambang Soesatyo menjadi pembaca naskah Pancasila, sedangkan Wakil Ketua DPR Lodewijk Frederick membacakan naskah Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Halaman:
Reporter: Aryo Widhy Wicaksono
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...